La Nyalla Tegaskan GKR Hemas Bisa Ikut Pemilihan Wakil Ketua MPR dari DPD

Rabu, 2 Oktober 2019 17:08 Reporter : Sania Mashabi
La Nyalla Tegaskan GKR Hemas Bisa Ikut Pemilihan Wakil Ketua MPR dari DPD Pimpinan DPD kunjungi DPP PKB. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Ketua DPD La Nyalla Mattaliti menegaskan Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas bisa mengikuti pemilihan Wakil Ketua MPR periode 2019-2024 dari DPD. Hal itu, dia katakan, dalam Rapat Paripurna, di Gedung Nusantara V, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/10).

"Sebelum saya skors sidang ini, perlu saya sampaikan kepada saudara-saudara saya mendapatkan pertanyaan dari beberapa anggota DPD. Yang mengatakan apakah Ibu GKR Hemas dapat ikut di dalam pemilihan anggota MPR saya katakan dapat," kata La Nyalla.

Dia menegaskan Hemas tidak pernah melanggar tata tertib. Sehingga dia bisa mencalonkan diri sebagai perwakilan MPR.

"Karena beliau tidak melanggar tatib. Tatib tidak ada perubahan tapi Bu Hemas akan tetap ikut kompetisi sebagai calon anggota MPR," ungkapnya.

Sebelumnya, DPD telah mengesahkan tata tertib calon pemilihan pimpinan DPD dalam sidang paripurna luar biasa ke-2 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (18/9). Namun, pengesahan tata tertib itu ditolak beberapa anggota DPD kubu Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas.

Senator asal Sulawesi Barat, Asri Anas mengatakan, pengesahan tata tertib cacat formil dan hanya akal-akal anggota pendukung Ketua DPD Oesman Sapta Odang (OSO).

"Pasal yang pertama, kan ini akal-akalannya Pak OSO dan tim-timnya," kata Asri di sela-sela sidang luar biasa, Selasa (18/9/2019).

Asri menilai, ada upaya untuk menjegal Hemas maju sebagai Ketua DPD. Ia menyebut bahwa Hemas masih diperbolehkan mencalonkan diri.

"Masa Bu Ratu enggak boleh mencalonkan diri, padahal di KUHP enggak boleh mencalonkan kalau dia tersangka," ucap Asri. [bal]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini