Kubu Jokowi sebut lebih penting dukung program pemerintah atasi depresiasi Rupiah

Kamis, 6 September 2018 14:04 Reporter : Ahda Bayhaqi
Kubu Jokowi sebut lebih penting dukung program pemerintah atasi depresiasi Rupiah Ilustrasi uang. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Club4traveler

Merdeka.com - Kubu pendukung Joko Widodo dan Ma'ruf Amin lebih tertarik mendukung langkah pemerintah untuk menstabilkan nilai tukar rupiah yang melemah. Dibandingkan, cara-cara yang dilakukan bakal cawapres oposisi Sandiaga Uno, dengan menjual aset Dolar miliknya.

Partai Solidaritas Indonesia mengapresiasi langkah mantan wagub DKI Jakarta. Diharapkan, dengan menjual Dolar akan membantu aspek psikologis pasar.

"Tentu saja gagasan dan tindakan yang baik menjual Dolar yang kita miliki. Sangat baik sebagai tanggung jawab kolektif kita pada bangsa. Akan sangat membantu aspek-aspek psikologis pasar," kata Wakil Sekretaris Koalisi Indonesia Kerja (KIK) yang juga Sekjen PSI, Raja Juli Antoni melalui pesan singkat, Kamis (6/9).

Dia melanjutkan, apa yang dikerjakan pemerintahan Jokowi lebih penting. Dengan cara mengatur melalui kebijakan-kebijakan ekonomi. Antoni berharap pemerintah bisa segera menyelesaikannya.

"Tapi jauh lebih penting adalah apa yang dikerjakan Pak Jokowi pada saat sekarang ini. Mengontrol defisit transaksi berjalan, memastikan policy moneter yang prudent. Semoga persoalan ekonomi eksternal ini akan bisa diselesaikan dengan segera," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, bakal calon Wakil Presiden Sandiaga Uno memutuskan mengkonversi aset dolar yang dia miliki sebanyak 35 persen. Hal tersebut ia lakukan untuk menaikkan nilai tukar rupiah.

"Ini waktunya membela negara, jangan sampai terpecah belah," ujar Sandiaga di GOR Bulungan, Rabu (5/9).

Sandiaga menyebut dengan menjual dolar dapat membantu menekan laju nilai tukar yang terus meningkat. Ia pun meminta para pengusaha dan konglomerat ikut menukarkan dolar mereka.

Baca juga:
Tukar dolar ke rupiah, Sandiaga bilang 'Kita perlu pencitraan seperti ini'
Tukarkan dolar ke rupiah, Sandiaga harap Jokowi & para pejabat contoh dirinya
Siasati naiknya USD, produsen perkecil ukuran produksi tahu dan tempe
Rupiah mulai perkasa tinggalkan level Rp 14.900 per USD
Pelemahan nilai tukar Rupiah dinilai masih dalam batas wajar
Harga kedelai naik, produsen tempe di Padang pangkas jumlah produksi dan pekerja
Rupiah terus melemah, Ketua DPR ingatkan semua pihak tidak saling menyalahkan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini