Kubu Jokowi Lihat Skenario 'KPU Berpihak' Jika Prabowo Kalah Pilpres 2019

Selasa, 8 Januari 2019 11:51 Reporter : Sania Mashabi
Kubu Jokowi Lihat Skenario 'KPU Berpihak' Jika Prabowo Kalah Pilpres 2019 Ace Hasan Sadzili. ©2018 Liputan6.com

Merdeka.com - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno mengkritik keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang memberikan kisi-kisi pertanyaan sebelum debat capres-cawapres tahap pertama dimulai. Kubu Prabowo-Sandi menilai pembocoran kisi-kisi tersebut bisa menguntungkan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin.

Menanggapi hal itu, juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily menduga, ada skenario di balik deretan penolakan pemberian kisi-kisi pertanyaan tersebut. Dia juga menanggap protesnya BPN terhadap KPU sebagai bagian dari manuver politik.

"Menurut saya itu bagian dari manuver, padahal itu yang disebut dengan pedoman sebagai kisi-kisi di dalam debat nanti dan itu juga akan mereka dapatkan," kata Ace di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/1).

Menurut Ace, ada indikasi kubu Prabowo mendelegitimasi penyelenggara pemilu. Serta membuat kesan KPU berpihak pada kubu petahana.

"Saya menduga ini adalah bagian skenario dari upaya untuk mengatakan kalau mereka kalah maka mereka akan mengatakan bahwa KPU-nya berpihak kepada kami. Dan itu ingin mendegradasi dari hasil pemilu 2019. Ini berbahaya dalam demokrasi," ungkapnya.

Padahal, lanjutnya, kisi-kisi itu juga diberikan ke dua kubu capres-cawapres. Pemberian kisi-kisi itu juga telah disepakati BPN dan TKN dalam rapat internal bersama KPU beberapa waktu lalu.

"TKN terlibat di situ, BPN juga terlibat di situ, dan diputusakan secara bersama-bersama. Nah tetapi kami melihat justru sebaliknya apa yang sudah disepakati oleh KPU itu kemudian di luar berkoar-koarnya yang lain," ujarnya.

"Itu akan didapatkan oleh mereka bukan hanya kepada kami, mereka juga akan mendapatkan yang sama sehingga independensi, netralitas, antara dua kubu akan tetap terjaga," ucapnya. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini