Kubu Bamsoet: Mayoritas DPD Dukung Airlangga di Rapimnas Itu Strategi Kami

Senin, 18 November 2019 13:03 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Kubu Bamsoet: Mayoritas DPD Dukung Airlangga di Rapimnas Itu Strategi Kami Bamsoet Sambangi Kediaman SBY. ©2019 Liputan6.com/Herman Zakharia

Merdeka.com - Mayoritas DPD I Golkar menyatakan dukungan kepada Airlangga Hartarto di Munas awal Desember 2019 saat menghadiri Rapimnas pekan lalu. Namun kubu Bambang Soesatyo (Bamsoet), merasa santai saja melihat dinamika yang berkembang di Rapimnas tersebut.

Ketua Timses Bamsoet, Ahmadi Noor Supit mengatakan, Rapimnas bukan forum pengambil keputusan seperti di Munas. Dia tak masalah, bahkan menilai dinamika dukungan DPD I yang terjadi di Munas adalah bagian dari strategi kubunya.

"Inikan yang namanya Rapimnas bukan forum pengambilan keputusan, bisa saja itu strategi kami untuk membuat situasi aman," jelas Supit saat dihubungi merdeka.com, Senin (18/11).

Supit mengatakan, DPD pendukung Bamsoet tak ingin ada tekanan dari penguasa. Oleh sebab itu, untuk saat ini tidak terlalu memperlihatkan dukungan kepada Bamsoet sebagai penantang incumbent.

"Supaya tidak ada tekanan, bisa saja penguasa menekan karena kalap menggunakan aparat untuk menekan daerah. Silakan orang berspekulasi tapi kami optimis menurut saya kita senang dengan keputusan itu (rapimnas)," terang Supit.

1 dari 2 halaman

Dukung Hasil Rapimnas

Hasil Rapimnas pun didukung oleh kubu Bamsoet. Sebab, hasil itu tidak menyatakan bahwa Airlangga satu-satunya calon ketua umum. Tapi lebih kepada keinginan musyawarah mufakat di Munas.

"Tidak masalah Musyawarah Mufakat," tambah dia lagi.

Supit pun optimis bahwa Bamsoet sudah mengantongi mayoritas suara di Munas. Tapi hal itu tak perlu dipertontonkan ke publik.

2 dari 2 halaman

Airlangga Diklaim Didukung 28 DPD II

Sebagian besar DPD I Partai Golkar Provinsi se-Indonesia diklaim telah mendukung Airlangga Hartarto kembali menjadi Ketum Partai Golkar dalam Munas beringin pada awal Desember 2019. Aspirasi itu disampaikan para Ketua DPD Golkar dalam pandangan umumnya di acara Rapimnas di Hotel Ritz Carlton kemarin.

Wakil Korbid Penggalangan Khusus DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily, menyebut, yang secara eksplisit menyatakan dukungannya kepada Airlangga adalah DPD Kalsel, Jawa Barat, Sulut, NTT, Sumut, Riau, Kaltim, Lampung, Kalbar, Gorontalo dan DKI Jakarta.

Kemudian, ada Bengkulu, Jawa Timur, Sumsel, Yogyakarta, Sulbar, Banten, Sulteng, Kalteng, Jateng, NTB, Kaltara, Sulsel, Papua, Maluku, Malut, Babel dan Jambi. Total ada 28 provinsi yang disebut telah menyatakan dukungan terhadap Airlangga.

"Dukungan serupa juga disampaikan oleh organisasi sayap, KPPG dan AMPG, serta organisasi pendiri dan didirikan Partai Golkar seperti Kosgoro 1957, MKGR, HWK, AMPI dan Pengajian AlHidayah," kata Ace lewat keterangannya, Jumat (15/11).

Dengan itu, kata Ace, dukungan terhadap Airlangga semakin kuat untuk memimpin Golkar. Menurut Ace, mayoritas DPD menilai Airlangga telah berhasil membawa Golkar menjadi pemenang kedua Pemilu 2019 dan pasangan Jokowi-Ma'ruf dalam Pilpres 2019.

"Secara keseluruhan, peserta Rapimnas menginginkan agar Munas yang akan digelar 3-5 Desember 2019 di Jakarta ini lebih mengedepankan semangat musyawarah untuk mufakat. Semangat musyawarah mufakat ini ditunjukkan untuk menciptakan soliditas di tubuh Partai Golkar," tuturnya. [rnd]

Baca juga:
Bamsoet Maju Munas Lagi Karena Airlangga Tak Penuhi Syarat Kesepakatan
Bamsoet Ditanya Keputusan Maju Munas Golkar: Sabar Saja, Belanda Masih Jauh
Pemilihan Aklamasi Dinilai akan Hancurkan Partai Golkar
Wasekjen Golkar Minta Setop Bangun Narasi Sesat dan Berhalusinasi Demokrasi

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini