KPUD janji profesional, tak akan jegal pencalonan independen Ahok

Rabu, 9 Maret 2016 20:36 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
KPUD janji profesional, tak akan jegal pencalonan independen Ahok ahok di merdeka.com. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memastikan akan maju melalui jalur independen di Pilgub DKI 2017. Namun, niatan itu ternyata dinilai Ahok dan sejumlah kalangan sangat rawan untuk dijegal bila ada oknum KPUD DKI Jakarta yang tidak profesional. Penilaian itu langsung diluruskan oleh Ketua KPUD DKI Jakarta, Sumarno.

"Tadi saya klarifikasi saja, soal pernyataan oknum KPU bisa gagalkan pencalonan jalur independen. Kami sambil ketawa-ketawa saja," kata Sumarno saat dihubungi, Selasa (8/3) malam.

Sumarno menawarkan agar proses verifikasi dukungan terhadap calon independen dilakukan oleh pendukungnya sendiri. Upaya ini dilakukan untuk meminimalisir kecurangan atau manipulasi dukungan terhadap pasangan calon.

"Justru kami menawarkan kepada calon independen agar pendukung calon independen, bisa Teman Ahok atau bisa siapapun‎, kami tawarkan semua calon yang akan terlibat bisa mengawasi verifikasi ini benar apa tidak, ada manipulasi atau tidak," ujarnya.

Dia pun berani menjamin bahwa proses demokrasi lima tahunan itu dapat berlangsung secara terbuka dan akuntabel, termasuk soal verifikasi dukungan. Lanjutnya, dia akan menegaskan kepada jajarannya agar tetap bersikap profesional siapapun calonnya.

"Ini verifikasi nanti berjalan sangat-sangat terbuka, akuntabel, kita bisa dipertanggung jawabkan. Insya Allah KPU enggak main-main lah‎," tegasnya.

Ahok sendiri saat ini telah memutuskan untuk memilih kalangan PNS DKI sebagai cawagub. Nama yang bakal digandengnya adalah Kepala BPKAD, Heru Budi Hartono. Dengan dipilihnya Heru, Ahok ingin menegaskan bahwa ia siap maju melalui jalur independen dalam Pilgub DKI 2017 mendatang.

Ahok pun menyatakan dua tantangan terberat maju di jalur independen, salah satunya adalah digagalkan pencalonan dirinya oleh oknum KPU DKI yang tidak profesional. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini