KPUD Bisa Langsung Tetapkan Caleg Terpilih Usai Putusan MK

Selasa, 6 Agustus 2019 15:36 Reporter : Yunita Amalia
KPUD Bisa Langsung Tetapkan Caleg Terpilih Usai Putusan MK Sidang MK kasus PHP Kepala Daerah 2015. ©2016 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ilham Saputra menyatakan, KPU Provinsi, Kabupaten/Kota bisa langsung menetapkan anggota legislatif terpilih pasca putusan Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) legislatif oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

"Bisa langsung ditetapkan untuk Provinsi atau Kabupaten/Kota yang diumumkan, diputuskan pada sesi pertama ini," ujar Ilham saat jeda istirahat sidang putusan di MK, Jakarta, Selasa (6/8)

MK dijadwalkan membaca putusan dari 260 perkara sengketa Pileg. Pembacaan putusan hari pertama dimulai pada Selasa hingga Jumat.

Pada sidang putusan hari dan sesi pertama yang dimulai pukul 08.00-13.00 WIB, MK sudah memutus 20 perkara lebih dari tiga Provinsi, Riau, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Barat.

Seluruh perkara dari tiga provinsi itu ditolak oleh sembilan hakim konstitusi atau dinyatakan gugur.

Melihat sejumlah putusan hari ini, Ilham optimis MK akan menolak seluruh permohonan pemohon. Dengan kata lain, ujar Ilham, KPU telah melaksanakan proses pemilu sesuai dengan undang-undang.

"Ya kita tetap optimis bahwa apa yang kami lakukan tetap sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujarnya.

Ilham menambahkan, usai MK membacakan seluruh putusan perkara, KPU akan segera melakukan rapat pleno untuk menetapkan jumlah perolehan kursi partai politik berdasarkan putusan MK, dan menetapkan pihak yang akan duduk sebagau anggota DPR disesuaikan perolehan suara partai politik.

"Tanggal 9 (9 Agustus) nanti kita pleno untuk menetapkan. Pertama yang kita tetapkan adalah berapa kursi yang diperoleh partai berdasarkan Mahkamah Konstitusi. Setelah itu baru kemudian kita tetapkan siapa yang duduk orang-orang yang duduk dari kursi yang diperoleh partai politik," tukasnya. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini