KPU Subang Kekurangan 101.005 Surat Suara Pemilu

Selasa, 2 April 2019 10:59 Reporter : Bram Salam
KPU Subang Kekurangan 101.005 Surat Suara Pemilu KPU Subang Kekurangan Surat. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Subang hingga saat ini masih kekurangan 101.005 surat suara untuk Pemilu serentak 2019. Padahal pelaksanaan pendistribusian ke tiap tempat pemungutan suara pemilu legislatif dan presiden tinggal menghitung hari.

Menurut Ketua KPU Subang, Suryaman, kekurangan cukup banyak ini diketahui setelah selesai melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk seluruh suara Pileg dan Pilpres. Selain kurang saat proses pengiriman, kekurangan juga disebabkan 26.998 surat suara mengalami kerusakan.

"Kami sudah mengirimkan surat berita acara atas kurangnya surat suara ke KPU RI untuk meminta ganti. KPU Subang akan memusnahkan surat suara yang rusak jika sudah mendapatkan ganti dari KPU RI," kata Suryaman, Selasa (3/4).

Dikatakan Suryaman, sejumlah surat suara diterima KPU Kabupaten Subang dalam keadaan rusak. Ia menduga kerusakan berasal dari pabrik atau percetakan yang memproduksi surat suara, seperti ada cacat dari pabrik, ada yang cacat karena ikatan dari pabrik.

"Kerusakannya surat suara beragam. Mulai dari adanya noda hingga tinta warna surat suara buram, lipatannya tidak bagus, sisi-sisinya tidak rata karena bekas kemasan plastik dari sananya," katanya.

Suryaman menyebutkan, jumlah surat suara yang diterima untuk Pilpres dan Pileg serta DPD mencapai 5.862.655 sudah termasuk tambahan 114.955 surat suara. Selama proses penyortiran dan pelipatan melibatkan sekitar 2 ribu orang.

Sementara itu, KPU Subang sendiri hingga kini sudah menerima 95 persen logistik untuk pemilu 2019.Sejumlah logistik masih menunggu kiriman dari KPU Pusat.

"Tinggal beberapa logistik yang belum diterima yaitu sampul surat suara serta template untuk tuna netra," tutupnya. [did]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini