KPU Soal Usulan Debat Capres Ketiga Tanpa Panelis: Yang Bikin Pertanyaan Siapa?

Selasa, 19 Februari 2019 16:37 Reporter : Merdeka
KPU Soal Usulan Debat Capres Ketiga Tanpa Panelis: Yang Bikin Pertanyaan Siapa? Ketua KPU Arief Budiman. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketua KPU RI Arief Budiman mengaku tidak setuju dengan usulan debat capres ketiga tanpa panelis. Dia heran siapa yang akan menyusun pertanyaan debat jika tidak ada tim panelis.

"Yang bikin pertanyaan siapa? maksud saya yang merancang pertanyaannya siapa? maksudnya semua segmen entar saling bertanya gitu?," heran Arief di Kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (19/2).

Menurut Arief, model pertanyaan bebas sudah diterapkan di debat capres kedua. Pada segmen ke lima yakni pertanyaan eksploratif diketahui sesama kandidat boleh saling bertanya tanpa terikat panelis.

"Jadi kan kemarin sudah kita kasih kesempatan di segmen lima, saling bertanya. Mereka lebih eksploratif tidak lagi diatur ketat siapa harus menjawab dan menanggapi, itu sebetulnya eksplorasi bebas," jelas Arief.

Sebelumnya, usulan pertanyaan tanpa panelis dicetuskan oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon. "Kalau dari sistemnya ada sedikit kemajuan lah. Tetapi menurut saya masih kurang. Mungkin nanti tim ini saya usulkan engak usah ada lagi panelis lah," ujar Fadli Zon di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/2).

Menurut Fadli, dalam debat capres ketiga akan lebih baik jika masing-masing calon wakil presiden yang mengajukan pertanyaan. Sandiaga Uno bertanya kepada Ma'ruf Amin dan sebaliknya.

Reporter: M Radityo

Sumber : Liputan6.com [ray]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini