KPU Minta Dokumen Parpol Diunggah di Sipol untuk Permudah Verifikasi

Kamis, 11 Agustus 2022 18:04 Reporter : Alma Fikhasari
KPU Minta Dokumen Parpol Diunggah di Sipol untuk Permudah Verifikasi Anggota KPU RI Idham Holik. ©2022 Merdeka.com/Liputan6.com

Merdeka.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan kepada partai politik yang akan melakukan pendaftaran calon peserta pemilu 2024, untuk mengunggah seluruh dokumen pada aplikasi Sipol. Hal itu guna mempermudah proses verifikasi administrasi dan faktual.

"Kami terus berkomunikasi dengan partai politik baik yang saat ini sedang melengkapi dokumennya ataupun yang belum mendaftar kami sampaikan agar memaksimalkan waktu yang tersisa untuk mengunggah atau mengupload dokumennya ke dalam aplikasi Sipol," kata Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU RI, Idham Holik, saat konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta, Kamis (11/8).

"Kenapa kami tetap minta mengunggah dokumennya ke aplikasi Sipol? Karena ini kepentingannya untuk kepentingan verifikasi administrasi," sambungnya.

Selain itu, pentingnya mengunggah dokumen pada aplikasi Sipol, untuk mendeteksi segala permasalahan dokumen secara digital. Misal, terkait kepengurusan maupun keanggotaan ganda di partai politik.

"Dan semuanya agar memudahkan dalam proses verifikasi administrasi dan begitu juga nanti dalam konteks verifikasi faktual, karena data yang akan kami kirim kepada KPU kabupaten/kota se-Indonesia dan KPU provinsi se-Indonesia dan KIP Aceh ini dalam bentuk format digital," paparnya.

2 dari 2 halaman

Idham mengatakan, sebagai bentuk komitmen KPU terhadap partai politik, pihaknya akan memberikan layanan mesin scanner untuk memudahkan partai politik dalam mengunggah dokumen di aplikasi Sipol. Bila, partai politik membawa dokumen ke KPU secara hardcopy.

"Helpdesk KPU akan memfasilitasi dengan mesin scanner, untuk mengantisipasi (parpol membawa dokumen hardcopy) dan sebagai bentuk komitmen kami melayani parpol," ujarnya.

Oleh karena itu, dia kembali mengingatkan, agar partai politik yang akan melakukan pendaftaran calon peserta pemilu 2024 untuk memaksimalkan waktu yang tersisa dengan sebaik mungkin dalam mengunggah dokumen di aplikasi Sipol.

"Sekali lagi kami menegaskan, kami mengimbau kepada partai politik maksimalkan waktu yang tersisa untuk mengunggah dokumennya agar seluruhnya dapat terunggah atau ter-upload ke dalam aplikasi Sipol," imbuh Idham. [eko]

Baca juga:
Partai Buruh akan Bawa 10 Massa Daftar Pemilu 2024, KPU Ingatkan Parpol Tertib Aturan
Waspada NIK Dicatut Parpol untuk Daftar Pemilu 2024, Segera Lapor KPU
Kantor KPU Tana Tidung Kaltara Dilalap Si Jago Merah
KPU Nyatakan Dokumen Partai Koalisi Indonesia Bersatu Lengkap
KIB Daftar ke KPU Pakai Kirab Budaya, Ini Pesan yang Ingin Disampaikan

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini