KPK sediakan TPS khusus untuk para tahanan korupsi

Selasa, 8 April 2014 15:43 Reporter : Muhamad Agil Aliansyah
KPK sediakan TPS khusus untuk para tahanan korupsi KPK. ©2012 Merdeka.com/dok

Merdeka.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan memfasilitasi penghuni Rumah Tahanan (Rutan) KPK dan Rutan POMDAM Jaya Guntur untuk menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif 9 April 2014 besok. Mereka difasilitasi nyoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPU) khusus bagi para tersangka yang ditahan di rutan-rutan tersebut.

"Akan disediakan TPS khusus di depan rutan-rutan ini namanya TPS 21, masuk dalam Kelurahan Karet, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan," ujar Juru Bicara KPK, Johan Budi SP di kantor KPK, Jalan HOUR Rasuna Said, Jakarta Selatan, Selasa (8/4).

Johan mengatakan, hingga saat ini sudah ada 23 orang yang mendaftar untuk ikut dalam pesta demokrasi lima tahunan itu. "Sampai hari ini yang terdaftar yang ingin menggunakan hak pilihnya ada 23 orang ya, masing-masing dari Guntur 10 orang dan dari KPK 13 orang," katanya.

Sementara untuk tahanan yang sedang menjalani perawatan di rumah sakit, seperti terdakwa kasus dugaan suap proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap Tarahan Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung pada tahun 2004, akan mencoblos di rumah sakit.

"Ada satu tahanan yang kita fasilitasi untuk mencoblos di RS Harapan Kita karena ada yang sampai saat ini menjalani perawatan karena masih sakit yaitu Emir Moeis," katanya.

Sementara bagi tahanan KPK yang dititipkan di Rutan Pondok Bambu dan Cipinang juga diberikan hak untuk ikut serta dalam pemilu. "Itu yang difasilitasi hanya yang statusnya tahanan KPK, makanya saya kasih tahu tahanan yang masih dalam penguasaan KPK, kalau Pondok Bambu dan Cipinang di sana ada tempatnya sendiri," paparnya.

Johan menuturkan, langkah KPK menyediakan TPS ini bagian dari upaya lembaga antikorupsi itu memfasilitasi penggunaan hak pilih bagi para tahanan. Para tahanan yang akan nyoblos ke TPS tetap akan mengenakan rompi tahanan KPK.

"Dalam kaitannya dengan domainnya KPK di tingkat penyidikan. KPK selalu memfasilitasi atau menyediakan bagi para tahanan yang menggunakan hak pilihnya," tandasnya. [gib]

Topik berita Terkait:
  1. Pemilu 2014
  2. KPK
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini