Komisi III tak menjamin 11 calon hakim MK lolos seleksi semua

Senin, 3 Maret 2014 13:02 Reporter : Muhammad Sholeh
Komisi III tak menjamin 11 calon hakim MK lolos seleksi semua Gedung Mahkamah Konstitusi. merdeka.com/Imam Buhori

Merdeka.com - Komisi III DPR untuk kali ini memiliki kewenangan mengajukan calon hakim Mahkamah Konstitusi ( MK ) sebanyak dua orang. Dua calon itu sebagai pengganti Mantan Ketua MK Akil Mochtar yang diciduk KPK dan Hakim Harjono yang bakal memasuki pensiun dalam waktu dekat ini.

Wakil Ketua Komisi III DPR , Aziz Syamsuddin , mengatakan dari 11 calon hakim MK yang bakal mengikuti fit and proper tes, tidak ada jaminan lolos semuanya.

"Bisa kita pilih dua, bisa kita pilih satu, atau kita tidak pilih keduanya," ujar Azis kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (3/3).

Lebih lanjut Aziz menjelaskan, lolos tidaknya 11 peserta calon hakim MK itu dipengaruhi dua aspek. Pertama, penilaian tim pakar yang dibentuk Komisi III. Kedua, penilaian para anggota Komisi III yang didasarkan pada masukan dari tim pakar.

"Tergantung hasil uji kelayakan dan kepatutan tim pakar. Kemudian hasil pleno di Komisi III," tegasnya.

Menurut Aziz, bilamana dari 11 peserta tidak ada calon yang lolos, maka Komisi Hukum DPR bakal kembali membuka pendaftaran. Pendaftaran calon hakim MK itu kembali dibuka pada waktu reses DPR .

"Komisi III tidak mau memaksakan kalau memang tidak memenuhi kualifikasi, tidak akan kami loloskan," terang Aziz.

Apa yang dikatakan Aziz, diamini oleh Wakil Ketua Komisi III Fraksi PKS , Al Muzzammil Yusuf. Tidak ada jaminan dari 11 peserta calon hakim MK itu nantinya lolos seleksi. "Mungkin saja tidak ada yang lolos," ujarnya. [mtf]

Topik berita Terkait:
  1. Mahkamah Konstitusi
  2. DPR
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini