Komisi I soal menlu ditolak Israel: Jangan khawatir & jangan takut!

Senin, 14 Maret 2016 11:18 Reporter : Dieqy Hasbi Widhana
Komisi I soal menlu ditolak Israel: Jangan khawatir & jangan takut! TB Hasanuddin. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Menteri Luar Negeri, Retno LP Marsudi, melantik Konsul Kehormatan Republik Indonesia untuk Palestina di KBRI Ibu Kota Amman, Yordania, Minggu (13/3) sore waktu setempat. Awalnya Menlu berencana terbang langsung ke Kota Ramallah, Tepi Barat, demi melantik sosok Maha Abu-Shusheh, wanita tokoh masyarakat Palestina yang telah resmi menjadi perwakilan diplomatik RI.

Namun, beberapa jam sebelum helikopter berangkat, Israel yang menguasai jalur udara antara Yordania-Israel tidak menerbitkan izin melintas (over flight) bagi rombongan pemerintah RI maupun Angkatan Udara Yordania yang sedianya mengawal Menlu Retno.

Menanggapi penolakan Israel atas perwakilan Indonesia tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPR Tubagus Hasanuddin menegaskan bahwa perjuangan Indonesia untuk turut serta mewujudkan kemerdekaan Palestina tak boleh mundur.

"Perjuangan untuk kemerdekaan Palestina tidak boleh mundur karena itu amanat undang-undang dasar Indonesia," kata Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (14/3).

‎Politisi PDIP ini menjelaskan bahwa Menlu Retno hadir ke Ramallah tapi dihalangi oleh pihak pemerintah dan keamanan darat. Menurutnya ini adalah penolakan dampak dari komitmen Indonesia memboikot produk Israel.

‎"Ini sebuah bentuk penolakan yang bagian dari resiko yang diambil dari Indonesia. Jangan khawatir dan jangan takut. Kita mohon dukungan karena kita sudah mendapatkan sinyal dan diusulkan oleh kepala negara kita, Presiden pertama yang meminta supaya produk Israel diboikot. Jangan mundur," jelasnya.

Hasanuddin lantas mempertanyakan, Ramallah itu bagian dari Israel atau Palestina. Hingga sampai saat ini dia menganggap bahwa Ramallah adalah bagian dari Palestina. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini