Kode Jokowi Kriteria Pemimpin Pikirkan Rakyat, Puan: Banyak yang Rambut Putih

Senin, 28 November 2022 17:25 Reporter : Ahda Bayhaqi
Kode Jokowi Kriteria Pemimpin Pikirkan Rakyat, Puan: Banyak yang Rambut Putih Penyematan Brevet Hiu Kencana. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang bilang pemimpin memikirkan rakyat berambut putih. Kode Jokowi itu banyak yang melihat sebagai dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

Puan tak memusingkan kode Jokowi tersebut. Ia bilang banyak tokoh yang berambut putih.

"Banyak yang rambutnya putih," kata Puan singkat di DPR, Jakarta, Senin (28/11).

Kemudian Ketua DPR RI ini langsung jalan tanpa mempedulikan pernyataan lanjutan dari wartawan yang menanyainya. Puan tak menjawab lagi pernyataan soal sosok rambut putih tersebut.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan ciri-ciri pemimpin yang memikirkan rakyat. Menurutnya, ciri pemimpin tersebut terlihat dari dari penampilan dan wajahnya.

"Perlu saya sampaikan pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari mukanya. Itu kelihatan dari penampilannya itu kelihatan," kata Jokowi di acara Nusantara Bersatu di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/11).

Jokowi berkata, pemimpin yang memikirkan rakyat banyak kerutan di wajahnya. Selain itu, rambut pemimpin tersebut berwarna putih.

2 dari 2 halaman

"Banyak kerutan di wajahnya karena mikirin rakyat, ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua ada," kata Jokowi.

Jokowi bilang hati-hati dengan calon pemimpin yang mukanya mulus. Dia kembali berkata, pilih pemimpin yang rambutnya putih.

"Saya ulang jadi pemimpin yang mikirin rakyat itu kelihatan dari penampilannya, dari kerutan di wajahnya, kalau wajahnya clink bersih, tidak ada kerutan di wajahnya hati hati, lihat juga lihat rambut rambutnya, kalau rambutnya putih semua ini mikir rakyat ini," kata Jokowi. [rhm]

Baca juga:
Penjelasan Relawan soal Video Minta Jokowi Tempur Lawan Kubu yang Serang Pemerintah
Ketika Ridwan Kamil Dihadapkan Dua Pilihan: PAN atau Golkar
Ditanya Ciri Pemimpin Berambut Putih, Ganjar: Kalau Mau Potong Saya Tunjukin Salonnya
Jokowi Singgung Rambut Putih, PDIP: Ganjar Kader yang Taat
Kode Jokowi soal Kriteria Pemimpin, Prabowo Pamer Rambut Putih
Politikus PDIP Ingatkan Jokowi Kedisiplinan soal Endorse Capres

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini