Hot Issue

Koalisi 'Gajah' di Pilkada 2020

Sabtu, 5 September 2020 07:30 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
Koalisi 'Gajah' di Pilkada 2020 Prabowo Bertemu Megawati. ©Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Merdeka.com - PDIP dan Gerindra terlihat mesra di Pilkada 2020. Dua 'gajah' beda kubu di Pilpres 2019 itu membentuk koalisi di banyak daerah pilkada. Tak cuma berdua, mereka menghimpun kekuatan partai lain untuk mendukung calon pemimpin daerah.

Fakta kedua partai ini makin lengket diungkap Sekjen PDIP Hasto Kristianto saat mengumumkan rekomendasi 75 bakal calon kepala daerah. Hasto mengatakan Gerindra menjadi partai terbanyak kedua yang berkoalisi dengan PDIP setelah Golkar. Paling sedikit dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Saat mengumumkan pencalonan keponakannya Rahayu Saraswati di Pilwalkot Tangsel pada (20/7), Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto juga menyampaikan bahwa Gerindra paling banyak berkoalisi dengan PDIP. Tanpa menutup ruang berkoalisi dengan partai lain.

Mesranya PDIP-Gerindra disebut-sebut ada peran dari Presiden Joko Widodo. Jokowi punya andil mencairkan hubungan PDIP-Gerindra yang sempat renggang karena panasnya arena Pilpres 2019.

Apalagi setelah rekonsiliasi Jokowi dan Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto pada 14 Juli 2019. Dilanjutkan keputusan Gerindra ikut gerbong koalisi pemerintah dan Prabowo masuk kabinet sebagai Menteri Pertahanan.

Baca Selanjutnya: Dukung Bobby-Aulia di Pilkada Medan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini