Koalisi dengan Gerindra, Cak Imin Disebut Ingin Perkuat Daya Tawar PKB

Senin, 15 Agustus 2022 13:06 Reporter : Fikri Faqih
Koalisi dengan Gerindra, Cak Imin Disebut Ingin Perkuat Daya Tawar PKB Prabowo dan Cak Imin deklarasikan koalisi Gerindra-PKB. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Langkah PKB untuk berkoalisi dengan Gerindra dinilai lebih banyak menguntungkan partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar. Alasannya karena PKB kini mendapatkan perhatian publik setelah mendukung Prabowo Subianto sebagai capres.

Peneliti senior Maarif Institute, Endang Tirtana mengatakan, apa yang dilakukan PKB adalah untuk meningkatkan daya tawar terhadap partai lain. Karena setidaknya, PKB sudah mempunyai koalisi jika tidak ada tawaran lain.

"Muhaimin sadar bahwa koalisi ini memperkuat daya tawar PKB dengan kekuatan-kekuatan poros lain. Sambil menunggu adanya kepastian koalisi partai-partai lain maka PKB bisa menikmati efek pembicaraan publik," katanya saat dihubungi merdeka.com, Senin (15/8).

2 dari 3 halaman

Dia meyakini, koalisi di Pilpres 2024 mendatang masih akan berubah seiring situasi politik. Bahkan ada kemungkinan PKB dapat berpaling dari koalisi dengan Gerindra.

"Koalisi semua parpol baru akan betul-betul agak pasti pada awal-awal tahun 2023. Menjelang itu, Muhaimin akan menikmati bonus pemberitaan dan perbincangan publik. Muhaimin cerdik dalam hal ini," tutup Endang.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengungkapkan, bahwa Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang pertama kali mengajak Gerindra kerja sama. Diketahui, Partai Gerindra dan PKB resmi berkoalisi pada Sabtu (13/8) di SICC, Bogor, Jawa Barat.

"Kalian yang pertama mengajak kerja sama dengan Gerindra," kata Prabowo dalam sambutannya di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8).

3 dari 3 halaman

Mereka menjadi partai kedua yang mendeklarasikan kerja sama politik setelah sebelumnya Partai Golkar, PAN dan PPP dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Kendati demikian, Prabowo mengakui, bahwa deklarasi ini penuh dengan risiko. Namun, PKB tetap teguh mengajak Gerindra untuk bekerjasama politik menuju Pemilu 2024.

"Ada yang mengatakan terlalu cepat dan kadang-kadang pertama itu penuh resiko, berarti pimpinan kalian Gus Imin dan jajaran pimpinan mereka adalah orang-orang yang berani mereka adalah orang-orang berani yang mengambil keputusan," ungkapnya.

Atas ajakan tersebut, Prabowo mengakui, dirinya terharu dan mengucapkan terima kasih kepada PKB.

"Atas nama keluarga Gerindra saya nyatakan terima kasih atas kepercayaan PKB," imbuh Prabowo.

Baca juga:
PKB: Tak Ada Nama Lain, Prabowo-Cak Imin Capres dan Cawapres
Aksi Mengejutkan Pria Lansia Muncul Depan Prabowo, Beri Hormat Lalu Berteriak
Ogah Dukung Prabowo di 2024, Eggi Sudjana: Dia Enggak Butuh Saya
Sandiaga Uno Tak Hadir Deklarasi Prabowo Capres, Ini Penjelasan Jubir
KIB Siap 'Tarung' dengan Prabowo di Pilpres 2024
PKB Yakin Cak Imin Jadi Cawapres Dampingi Capres Prabowo, Ini Alasannya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini