KIB Sambut Anggota Baru, PSI dan Perindo Berikutnya?

Rabu, 10 Agustus 2022 15:39 Reporter : Alma Fikhasari
KIB Sambut Anggota Baru, PSI dan Perindo Berikutnya? Massa PSI di KPU. ©Liputan6.com/Delvira

Merdeka.com - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mendaftar sebagai calon partai peserta Pemilu 2024 ke KPU RI hari ini, Rabu (10/8). Pendaftaran PSI berbarengan dengan tiga partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), yakni Golkar, PAN, dan PPP.

Sekretaris Dewan Pembina PSI Raja Juli Antoni mengatakan, pendaftaran bersama tiga partai KIB merupakan tanda-tanda alam. Namun Raja Juli menyebut PSI belum mengambil keputusan final dengan siapa akan berkoalisi.

"Apa tanda-tanda alam ini bareng KIB? Kita belum putuskan (koalisi), tapi sepertinya ada tanda alam," kata Juli di Gedung KPU RI, Rabu (10/8).

Sinyal tanda alam berkoalisi dengan KIB disambut baik PPP. Wakil Ketua Umum PPP menyatakan KIB masih membuka diri untuk partai lain bergabung, termasuk partai di luar parlemen. Saat ditanya partai mana yang segera merapat KIB, Arsul menyebutkan nama PSI dan Perindo.

"Coba kamu tanya ke Perindo-PSI, tanya mereka," kata Arsul di gedung KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (10/8).

Apalagi, kata Arsul, PSI juga telah memberi sinyal adanya tanda alam untuk bersama-sama KIB. "Katanya PSI kan sudah tanda-tanda alam," ujar dia.

Hal senada dikatakan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Zulkifli menyatakan KIB membuka pintu lebar untuk PSI bila mau bergabung.

"Kita dengan senang hati, silakan," kata Zulhas usai mendaftar di KPU, Rabu (10/8).

Zulhas bahkan menyebut akan menyiapkan penyambutan bagi PSI saat bergabung PSI. "Kita kasih karpet biru, dengan senang hati," kata dia.

2 dari 2 halaman

KIB Gelar Pertemuan di Surabaya

Sementara itu, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto menyatakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) akan menggelar pertemuan koalisi di Kota Surabaya, Jawa Timur pada 14 Agustus 2022.

“Tunggu nanti tanggal 14 ada agenda lanjutan di Surabaya, terkait dengan apa dari isi yang akan dibawa oleh KIB, jadi KIB akan mendorong politik gagasan ke depan,” kata Airlangga.

Saat ditanya soal agenda pertemuan tersebut akan berisi deklarasi capres, Airlangga menyebut belum akan mengumumkan nama capres dalam waktu dekat. “Itu (Deklarasi) masih chapter terakhir,” kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum PPP Suharso Monoarva menjawab bahwa agendanya baru menjelaskan visi-misi. Namun ia menyebut akan ada parpol lain yang akan hadir.

“Deklarasi capres itu tunggu waktunya harus sabar di Surabaya, akan menyampaikan visi-misi kita akan menyampaikan program-program yang kita unggulkan yang kita tawarkan kepada masyarakat Indonesia rakyat Indonesia kepada pemilih,” kata Suharso

Menurut Suharso, pertemuan di Surabaya masih internal KIB belum mengundang Presiden Joko Widodo. “Belum diundang, ini baru antara kami dulu,” tambahnya.

Reporter: Delvira Hutabarat

Baca juga:
KIB Daftar ke KPU Pakai Kirab Budaya, Ini Pesan yang Ingin Disampaikan
PSI Beri Sinyal Gabung KIB, PAN: Kami Kasih Karpet Biru
KIB Diskusi dengan Jokowi Bahas Capres hingga Platform Koalisi
KIB Daftar Bareng ke KPU, Airlangga Dorong Pemilu Jurdil Tanpa Politik Identitas
Prabowo Siap Maju Jadi Capres, KIB Ajak Kompetisi Sehat
Mengikuti Kebiasaan Jokowi, KIB Daftar ke KPU pada Rabu PON

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini