KIB Daftar ke KPU Pakai Kirab Budaya, Ini Pesan yang Ingin Disampaikan

Rabu, 10 Agustus 2022 15:22 Reporter : Raynaldo Ghiffari Lubabah
KIB Daftar ke KPU Pakai Kirab Budaya, Ini Pesan yang Ingin Disampaikan Petinggi Koalisi Indonesia Bersatu jalan bersama ke KPU. ©2022 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Tiga partai Koalisi Indonesia Bersatu (KIB), Partai Golkar, Partai Amanat Nasional, dan Partai Persatuan Pembangunan kompak mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024 ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (10/8). Tiga Ketua Umum yakni Airlangga Hartarto, Zulkifli Hasan, dan Suharso Monoarfa memimpin ratusan kader untuk melakukan pawai persatuan.

Dalam pawai tersebut, terpantau berbagai macam kesenian yang mewakili semangat nasionalisme, regilius, dan kebudayaan seperti marching band, reog ponorogo, tarian Papua, marawis, dan salawatan.

Ketua DPP Partai Golkar Ace Hasan Syadzily mengatakan KIB sengaja melakukan pawai dengan berbagai kesenian Indonesia karena ingin mengusung tema persatuan.

"KIB mengusung tentang bagaimana politik yang menyatukan sekalipun kita ini berbeda-beda tapi kita ingin menyatukan diri dalam politik yang sejuk, politik keindonesiaan yang mengedepankan persatuan karena semangat yang ingin dibagun KIB adalah politik yang menyatukan," kata Ace di Kantor KPU, Rabu (10/8).

Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI itu mengajak masyarakat untuk meninggalkan politik identitas dan polarisasi. Dia menegaskan sudah saatnya kita mengedepankan persatuan dalam berpolitik.

"Kami berharap Pemilu 2024 merupakan pemilu yang mengedepankan ide dan gagasan yang menyatukan, dalam rangka bagaimana kita membuat politik Indonesia yang tidak lagi terpolarisasi ke dalam berbagai politik identitas. Kita ingin mengedepankan apa yang kita usung adalah ide, gagasan, dan program yang bisa menyatukan kita semua sebagai bangsa," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Di lokasi sama, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menjelaskan makna pemilihan KIB memilih hari Rabu. Airlangga mengungkapkan, KIB memilih hari Rabu, karena Presiden Joko Widodo kerap melakukan perombakan kabinet pada Rabu Pon. Bahkan, pernikahan anak-anaknya jatuh pada hari Rabu.

"Kami bertiga sengaja mendaftar bersama, tanggalnya tanggal 10 harinya hari Rabu karena setiap Pemilu jatuhnya hari Rabu, dan kedua hari ini kalau weton nya silakan cari sendiri," ungkapnya.

Untuk diketahui, pada hari ini juga bertepatan dengan Rabu Pon, KIB melakukan pendaftaran calon peserta pemilu 2024. Terlihat ketiga ketua umum KIB turun langsung memimpin pendaftaran. [ray]

Baca juga:
PSI Beri Sinyal Gabung KIB, PAN: Kami Kasih Karpet Biru
Bertemu di Surabaya pada 14 Agustus, KIB Beri Sinyal Ada Partai Lain Hadir
KIB Minta Pandangan Jokowi soal Pilpres: Belum Ada Kesepakatan Diendorse
KIB Diskusi dengan Jokowi Bahas Capres hingga Platform Koalisi
Mengikuti Kebiasaan Jokowi, KIB Daftar ke KPU pada Rabu PON

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini