Kiai NU nilai Indonesia harus dipimpin oleh tokoh Nasionalis-Religius

Minggu, 5 Agustus 2018 07:26 Reporter : Merdeka
Kiai NU nilai Indonesia harus dipimpin oleh tokoh Nasionalis-Religius Kiai NU. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Para kiai Nahdlatul Ulama (NU) mendukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin maju menjadi cawapres bagi Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres 2019. Mereka berkeinginan Indonesia dipimpin dan dijaga oleh kaum nasionalis dan religius.

"Dan jelas narasinya adalah Indonesia mesti dijaga bersama antara kekuatan nasionalis dan religius. Kita-kita ini adalah kekuatan religius yang menyangga bersama terhadap keutuhan Negara Republik Indonesia bersama kaum nasionalis," kata Juru Bicara NU Anwar Iskandar di Kantor PBNU Jakarta, Sabtu (4/8) malam.

Para kiai juga melihat ada ancaman dari pihak tertentu yang ingin merusak eksistensi NKRI, sehingga dirasa perlu pemimpin dari Nasionalis-Religius. Namun, Anwar menegaskan pernyataan sikap politik para kiai tidak menyalahi aturan dan telah dijamin dalam Undang-Undang.

"Jadi ini bukan lembaga bukan organisasi. Tapi orang-orang yang kebetulan menjadi Warga Nahdlatul Ulama dan ini orang-orang yang hak politiknya dilindungi oleh Undang-Undang," jelas ujar Rois Syuriah PWNU Jawa Timur.

Pertemuan tertutup ini juga dihadiri Ketua Umum PBNU Said Aqil Siroj. Para kiai yang hadir merupakan pemilik pesantren besar di beberapa daerah di Indonesia. Cak Imin sendiri tak hadir dalam pertemuan dengan para alim ulama.

Reporter: Lizsa Egeham
Sumber : Liputan6.com [rhm]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini