Khofifah: Pak Surya Paloh yang pertama mendorong saya di Pilgub Jatim

Senin, 2 Juli 2018 15:24 Reporter : Moch. Andriansyah
Khofifah: Pak Surya Paloh yang pertama mendorong saya di Pilgub Jatim Khofifah Terima Kedatangan Haryono Isman. ©2018 Merdeka.com/Mochammad Andriansyah

Merdeka.com - Cagub Khofifah Indar Parawansa mengungkap, bahwa kemenangannya di Pilgub Jawa Timur 2018 tak lepas dari sosok Ketum DPP Partai NasDem, Surya Paloh. Sebab, Ketum DPP Partai NasDem inilah yang kali pertama mendorongnya kembali maju di Pilgub Jawa Timur untuk kali ketiga.

"Jadi yang mendorong saya pertama terjun di Jatim, itu bahkan dari mulai April 2017, itu Pak Surya Paloh (Ketum DPP NasDem)," ungkap Khofifah di kediamannya, Jalan Jemursari, Surabaya, Senin (2/7).

Ketum PP Muslimat NU ini melanjutkan, bahwa hingga Januari 2018, Surya Paloh terus mengajaknya berdiskusi soal Pilgub Jawa Timur. "Beliau (Surya Paloh) mendorong dengan berbagai argumen-argumen strategis. Betapa pentingnya Mbak Khof turun ke Jatim," kata mantan Menteri Sosial ini menirukan ucapan Surya Paloh kala itu.

Dan rupanya, penilaian Surya Paloh terbukti. Khofifah-Emil sukses memenangi Pilgub Jawa Timur 2018. Bahkan unggul tebal, sekitar 7 persen dari pesaingnya, Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soakarno. Merujuk hasil perhitungan cepat KPU, Khofifah-Emil menang di 28 kabupaten/kota dengan perolehan suara 53,73 persen. Sementara pasangan Gus Ipul-Puti hanya menang di 10 kabupaten/kota dengan 46,27 persen.

Sementara dari pantauan di lapangan, pasca-coblosan Pilgub Jawa Timur 27 Juni lalu hingga hari ini, Senin (2/7), di kediaman Khofifah masih kebanjiran tamu. Mulai dari masyarakat, termasuk warga Muslimat NU, hingga para petingi partai politik (Parpol) pengusung.

Mereka ingin menyampaikan selamat secara langsung kepada pasangan Khofifah-Emil Dardak yang telah sukses memenangi Pilgub Jawa Timur versi quick count.

Beberapa petinggi Parpol pengusung itu, misalnya, Komandan Komando Satuan Tugas Bersama (Kogasma) Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang menyambangi Khofifah pada Minggu (1/7) kemarin. Kemudian menyusul anggota Dewan Pertimbangan DPP Partai NasDem, Haryono Isman.

Haryono mengatakan, selain secara pribadi ingin menyampaikan ucapan selamat secara langsung kepada Khofifah-Emil, dia khusus datang ke Surabaya juga membawa pesan dari Ketum DPP Partai NasDem.

"Beliau (Surya Paloh) mengatakan: harus menemui Ibu Khofifah, karena bagaimanapun juga, secara resmi Partai NasDem mengusung pasangan nomor urut satu," tegas Haryono. [rhm]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini