Kharisma Amien Rais dinilai sudah memudar di internal PAN

Sabtu, 28 Februari 2015 13:15 Reporter : Mohammad Yudha Prasetya
Kharisma Amien Rais dinilai sudah memudar di internal PAN Amien Rais di acara PAN. ©2013 Merdeka.com/agil

Merdeka.com - Kharisma seorang Amien Rais di internal Partai Amanat Nasional (PAN) saat ini dianggap sudah cukup memudar. Sehingga, hal ini ditengarai tidak terlalu menguntungkan Zulkifli Hasan sebagai calon ketua umum PAN, yang diusung sang pendiri partai dan tokoh reformasi 1998 tersebut.

Hal ini jelaskan oleh pengamat politik dari Populi Center, Nico Harjanto, dalam sebuah diskusi bertema 'PAN Menatap Masa Depan' yang diadakan oleh sebuah stasiun radio swasta di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.

"Saya kira posisi Amien Rais sudah tidak terlalu dominan sebagai tokoh sentral. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan bahwa Zulkifli Hasan sudah mulai mengajak Sutrisno Bachir, melakukan pendekatan dengan Syafii Maarif, Din Syamsuddin dan tokoh-tokoh Muhammadiyah lainnya," kata Nico di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (28/2) .

"Hal ini menunjukkan bahwa kharisma, pengaruh dan bahkan kontribusi Amien Rais sudah cukup memudar di internal PAN sendiri," katanya menambakan.

Namun, Nico melihat adanya perubahan mendasar dari posisi PAN di perpolitikan nasional, di mana mereka yang dulu mengedepankan istilah 'Poros Tengah' kini sudah mulai menentukan posisi politiknya.

Hal inilah yang harus diperhatikan apabila nanti PAN memiliki ketua umumnya yang baru, beserta arah kebijakan reposisional nya di politik nasional saat ini.

"Tapi saya kira yang lebih menarik adalah posisi PAN di mana mereka dulunya adalah penggagas poros tengah, apakah sekarang mereka akan memposisikan partainya sebagai penyeimbang dengan mendekatkan diri ke Demokrat. Tapi jika mereka tetap memilih menjadi oposisi, Zulkifli yang notabene merupakan ketua MPR usungan KMP, tentunya mereka akan lebih cocok sebagai oposisi seperti saat ini," pungkasnya. [rnd]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini