Ketum Partai Baru Amien Rais Diprediksi Sosok Berduit dan Punya Nama Besar

Rabu, 9 September 2020 15:47 Reporter : Bachtiarudin Alam
Ketum Partai Baru Amien Rais Diprediksi Sosok Berduit dan Punya Nama Besar Amien Rais di kediaman Dufi. ©2018 Merdeka.com

Merdeka.com - Bermunculannya sebuah partai di negara demokrasi sebuah hal yang lumrah. Sebagaimana langkah politisi senior Amien Rais yang saat ini tengah mempersiapkan partai baru, usai meninggalkan Partai Amanah Nasional (PAN).

Rencana itu semakin tampak menyusul kabar yang beredar di media sosial melalui video, Amien Rais dikabarkan bakalan blak-blakan tentang partai barunya, pada 10 September besok.

"Bahwa sesungguhnya kita ini berada di ambang krisis, saya ingin menyampaikan berita yang mungkin banyak ditunggu," ujar Amien melalui sebuah video di akun Instagram @amienraisoffi­cial.

Melihat hal itu, Pengamat Politik Universitas Al Azhar Ujang Komarudin mengatakan bahwa langkah pembuatan partai baru oleh Amien Rais adalah hal yang wajar sebagai warga negara, terlebih usai didepaknya dari PAN.

"Hak setiap warga negara untuk bisa berkumpul dan berserikat, termasuk untuk mendirikan partai. Alasan lain, karena Amien juga didepak dari PAN, maka tak ada jalan lain, selain mendirikan partai sebagai alat politik," kata Ujang saat dihubungi merdeka.com, Rabu (9/9).

Dia menuturkan bahwa pendirian partai baru tersebut juga bakal menyangkut harga diri Amien dan para loyalis. Maka kemungkinan besar partai baru itu akan terbentuk.

Namun demikian, Ujang menilai bahwa partai baru tersebut pasti akan mengambil sosok figur yang besar dan kuat guna meraup dukungan masyarakat. Bila hal itu terjadi, barulah partai itu bisa mewarnai perpolitikan Indonesia.

Walaupun, sampai saat ini masih belum ada bocoran nama siapa yang bakal jadi ketua umum. Namun, ia memprediksi sosok ketua umum yang akan muncul paling tidak memiliki kriteria memiliki dana dan nama besar.

"Yang pasti, figur ketua umum partai baru Amien Rais ini, paling tidak memiliki kedua kriteria, yaitu penyandang dana dan penyandang nama. Artinya punya uang dan punya nama besar," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Belum Punya Daya Tawar Politik...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Amien Rais
  3. Ragam Konten
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini