Ketum PAN setuju revisi UU MD3 buat kasih jatah Pimpinan DPR ke PDIP

Selasa, 16 Januari 2018 12:16 Reporter : Sania Mashabi
Ketum PAN setuju revisi UU MD3 buat kasih jatah Pimpinan DPR ke PDIP Ketum PAN Zulkifli Hasan konsolidasi di Jawa Tengah. ©2018 Merdeka.com/Arie Sunaryo

Merdeka.com - Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan setuju jika dalam revisi Undang-Undang MPR, DPR, DPRD dan DPD (UU MD3) ada penambahan kursi untuk Partai Demokrasi Indonesia Perjuagan (PDIP). Karena PDIP adalah pemenang Pemilu 2014.

"Saya setuju karena dari awal PDIP itu seperti pemenang pemilu, pemenang pemilu kok enggak ada di pimpinan itu ya, bagaimana ya," kata Zul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (16/1).

Penambahan kursi, kata Zulkifli, tidak harus berlaku untuk semua fraksi di DPR. Menurutnya, penambahan kursi harus proporsional.

"Tetapi jangan bikin kesebelasan DPR 11 MPR 11 lah, itu kesebelasan, bukan nambah itu namanya, jadi kami setuju pada prinsipnya," ujarnya.

"Yang akan datang saya, setuju proposional saja jadi enggak berantem terus sudah proposional saja urutan-urutan pemenang dapat ketua berikutnya," tandasnya.

Untuk diketahui, PDIP tengah mendorong revisi UU MD3 terutama penambahan satu kursi untuk posisi pimpinan DPR dan MPR. Namun beberapa fraksi DPR seperti PKB juga ingin mendapatkan tambahan satu kursi. [rnd]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini