Ketum Golkar Ingatkan Pentingnya Iqra di Peringatan Nuzulul Quran

Sabtu, 9 Mei 2020 23:57 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Ketum Golkar Ingatkan Pentingnya Iqra di Peringatan Nuzulul Quran airlangga hartarto. ©2020 Merdeka.com/istimewa

Merdeka.com - Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar menggelar peringatan Nuzulul Quran secara online, Sabtu (9/5). Acara tersebut diikuti oleh pengurus DPP Partai Golkar, Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar dan ketua-ketua DPD Golkar se-Indonesia.

Ketua Umum Airlangga Hartarto, dalam sambutannya mengutip surah Alquran yang pertama kali turun tentang membaca (Iqra). Menurutnya, membaca adalah hal terpenting yang menjadi dasar setiap aktifitas manusia.

"Saya ingin memulai sambutan dengan menyitir lima ayat dalam Surah Al-Alaq, yang merupakan surat yang memiliki makna mendalam. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa surat inilah yang pertama kali diturunkan Allah kepada Nabi Muhammad," kata Airlangga.

"Ayat pertama memerintahkan kita agar membaca atau iqra secara tegas Allah memerintahkan melalui Nabi Muhammad agar kita memulai sesuatu dengan membaca. Perintah yang terkandung dalam ayat yang pertama turun itu menunjukkan bahwa membaca adalah aktifitas yang mendasari proses pembangunan masyarakat berpengetahuan dan sekaligus menjadi berketuhanan. Aktifitas membaca juga merupakan awal aktifitas berhidup," lanjut Airlangga.

Airlangga juga menyebut, Islam telah melahirkan kekayaan intelektual yang sangat berharga bagi perkembangan zaman.

Menurut dia, peradaban Islam sejatinya adalah peradaban ilmiah. Yaitu sebuah peradaban yang syarat dengan pemikiran intelektual, inovasi teknologi, serta pengabdian kemanusiaan dan kemasyarakatan.

Di zaman keemasan Islam, lanjut Airlangga, di abad-abad pertengahan pemikiran Islam telah menghasilkan karya ilmu pengetahuan yang tinggi dan berkembang hingga saat ini.

"Berbagai penemuan, pengembangan astronomi, matematika, kedokteran dan seni budaya adalah bagian dari karya intelektual kaum muslim," jelas Airlangga.

Baca Selanjutnya: Menteri Koordinator Perekonomian itu juga...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini