Ketua PDIP Sumbar: Puan Maharani Anak Seorang Datuk

Kamis, 3 September 2020 14:46 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ketua PDIP Sumbar: Puan Maharani Anak Seorang Datuk Penyaluran bantuan sosial di Tangerang. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani berharap, provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bisa mendukung negara Pancasila. Ketua DPD PDIP Sumbar, Alex Indra Lukman meluruskan ucapan Puan.

Alex menjelaskan, pernyataan Puan ditujukan kepada seluruh kader PDIP Sumatera Barat. Menurut dia, Puan Ingin kader banteng Sumbar membumikan Pancasila.

"Apa yang disampaikan Mbak Puan saya yakini itu ditujukan kepada kami kader PDIP se-Sumatera Barat karena pengurus partai di dalam rapat hadir secara virtual, adalah menjadi tugas kami membumikan Pancasila di Sumatera Barat," kata Alex kepada merdeka.com, Kamis (3/9).

Dia mengatakan, pesan Puan itu bukan untuk masyarakat Sumbar. Sebab, pesan itu disampaikan di dalam rapat internal partai yang terbuka untuk umum dan sekaligus pengumuman kepala daerah PDIP gelombang kelima.

"Jadi yang saya yakini itu adalah teguran dan kritik kepada kami pengurus partai di Sumatera Barat," ucapnya.

Alex menuturkan, bahwa Bung Karno menggali Pancasila dari budaya istiadat dan kearifan lokal se-nusantara. Dia meyakini sila keempat Pancasila terkait musyawarah mufakat digali Bung Karno dari ranah minang.

"Harus di sadari bahwa Mbak Puan itu anak dari almarhum Taufik Kiemas Datuk Basa Batuah, jadi dia anak minang Pak Taufik itu seorang Datuk dengan Ibu Megawati Soekarnoputri yang diberi gelar Puti Reno Nilam," jelasnya.

Baca Selanjutnya: Dengan hal tersebut mantan anggota...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini