Ketua DPR dukung penerapan kode etik penyelenggara pemilu

Reporter : Yacob Billi Octa | Senin, 10 September 2012 14:39
Ketua DPR dukung penerapan kode etik penyelenggara pemilu
KPU. ©2012 Merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - DPR mendukung positif pemberlakuan peraturan bersama tentang kode etik penyelenggara Pemilu. Ketua DPR, Marzuki Alie berharap peraturan itu bisa meringankan tugas Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

"Jadi tidak perlu DKPP bekerja, hanya bertugas memantau saja," kata Marzuki Alie di sela sambutan acara penandatanganan peraturan bersama tentang kode etik penyelenggara Pemilu antara KPU, Bawaslu, dan DKPP di KPU, Jl Imam Bonjol Jakarta, Senin (10/9).

Menurut Marzuki, dengan dikeluarkannya peraturan bersama, bukan menjadi sebuah ketakutan untuk lembaga penyelenggara Pemilu. Namun diharapkan sebagai tameng, supaya tidak ada pelanggaran yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu selama lima tahun ke depan.

"Itu harapannya, jadi tidak perlu DKPP bekerja," pungkasnya.

Sebelumnya, kode etik penyelenggaraan Pemilu hari ini ditanda tangani. Kode etik tersebut ditandatangani oleh KPU, Bawaslu, Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) dan disaksikan Ketua DPR Marzuki Alie.

Penandatanganan peraturan bersama ini sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 15 tahun 2011 tentang Penyelenggara Pemilu. Dalam Pasal 122 ayat 1 UU tersebut menyatakan bahwa kode etik penyelenggara Pemilu dan pedoman tata laksana penyelenggaraan Pemilu dibentuk dalam peraturan bersama antara KPU, Bawaslu, dan DKPP.

[bal]

Rekomendasi Pilihan

KUMPULAN BERITA
# KPU

Komentar Anda



BE SMART, READ MORE