Ketegasan-Ketegasan Ira Koesno Saat Memandu Debat

Kamis, 17 Januari 2019 06:30 Reporter : Syifa Hanifah
Ketegasan-Ketegasan Ira Koesno Saat Memandu Debat Gaya Ira Koesno tampil di debat. ©2017 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Nama Ira Koesno kembali jadi pembicaraan. Ira Koesno kembali terpilih memandu sebuah debat, kali ini menjadi moderator debat perdana capres-cawapres 2019 pada 17 Januari 2019. Terpilihnya Ira Koesno mengingatkan kembali saat dirinya sukses menjadi moderator dalam Debat Pilgub DKI 2017 lalu.

Saat menjadi moderator debat, Ira Koesno dikenal sebagai orang yang tegas. Dia tak segan-segan menegur siapa saja yang mengganggu jalannya debat. Berikut ini rangkuman ketegasan Ira Koesno saat memandu debat:

1 dari 3 halaman

Siap Usir Pendukung yang Ganggu

Gaya Ira Koesno tampil di debat. ©2017 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Saat memandu debat Pilgub DKI 2017, Ira Koesno dinilai sangat tegas dia tak segan untuk mengingatkan kepada pendukung paslon tidak mengganggu jalannya debat. Ira mengatakan, tidak akan segan-segan untuk mengusir pendukung yang membuat gadung selama debat.

Dia menjelaskan, sudah mendapat protes dari pasangan calon terkait pendukung yang dianggap mengganggu. Bahkan, dia meminta panitia untuk langsung mengeluarkan pendukung yang dianggap kesepakatan bersama.

"Floor director mohon untuk yang melanggar peraturan harap dicatat dan langsung dikeluarkan. Pendukung Paslon 2 dan 3 langsung dikeluarkan kalau melanggar. Karena sudah ada protes dari para paslon. Kita minta komitmen dijaga." katanya.

2 dari 3 halaman

Meminta Pendukung Paslon untuk Tenang

Gaya Ira Koesno tampil di debat. ©2017 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Suara sorak-sorak pendukung paslon terdengar saat sesi debat Pilgub DKI 2017, sebagai moderator Ira Koesno berhasil menjalankan tugasnya untuk memimpin debat. Dia tak segan untuk menegur pendukung salah satu paslon yang tidak taat pada peraturan.

Contohnya saat paslon nomor urut dua yakni Ahok usai memberikan jawaban, pendukungnya langsung berteriak dengan yel-yel paslon nomor dua. Dengan tegas Ira meminta pendukung tersebut untuk tenang.

"Harap tenang untuk pendung paslon kedua, hadiran yang ada diruangan ini saya tahu situasinya mulai panas tapi kita tetap mengacu kepada tata tertib," katanya dengan suara tegas diringi dengan mengangkat satu tangannya. Pendukung yang hadir langsung tenang dan debat kembali berlangsung.

3 dari 3 halaman

Ira Koesno Ingin Debat Pertama Berlangsung Panas

Gaya Ira Koesno tampil di debat. ©2017 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Menjadi bintang saat debat Pilgub DKI 2017, Ira Koesno kembali terpilih menjadi moderator debat capres-cawapres 2019. Ira menyatakan siap membuat sesi tanya jawab pada debat pertama menjadi debat yang panas.

"Inginnya debat ya panas, tapi ya panasnya harus terkontrol, jangan meledak. Ini juga peran sertanya teman media," kata Ira di Hotel Bidakara beberapa hari lalu. [has]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini