Kepercayaan Publik Terus Tergerus, Jokowi Harus Perbaiki Penanganan Pandemi Covid-19

Senin, 19 Juli 2021 17:05 Reporter : Ahda Bayhaqi
Kepercayaan Publik Terus Tergerus, Jokowi Harus Perbaiki Penanganan Pandemi Covid-19 Presiden Jokowi bagikan sembako dan vitamin di Sunter. ©BPMI

Merdeka.com - Survei LSI menunjukkan kepercayaan publik terhadap Presiden Joko Widodo dalam penanganan pandemi terus tergerus. Dalam enam bulan terakhir terus terjadi tren penurunan.

Anggota Komisi IX DPR RI Saleh Daulay menilai, hasil survei LSI itu perlu menjadi perhatian serius Jokowi. Supaya pemerintah bisa melakukan perbaikan titik lemah pelayanan dalam rangka menangani pandemi Covid-19.

"Hasil survei itu perlu dipelajari secara rinci. Dengan begitu, akan diketahui titik lemah pelayanan yang diberikan pemerintah. Lalu, dilakukan upaya perubahan secara struktural dan berjenjang sampai ke titik terendah pelayanan kesehatan masyarakat," ujar Saleh, Senin (19/7).

Saleh menduga penurunan kepercayaan publik ini karena pengalaman yang menimpa masyarakat.

"Saya menilai bahwa turunnya kepuasan masyarakat tersebut lebih pada pengalaman dan mungkin kejadian yang pernah menimpa mereka. Bisa juga mereka memiliki pengalaman dalam menjaga keluarganya yang sakit. Atau paling tidak, mereka mendengar dari teman dan saudara mereka yang pernah berjuang melawan Covid-19," lanjutnya.

Jokowi, menurut Saleh, punya kesempatan untuk memperbaiki kinerja dan memotivasi seluruh aparat pemerintah untuk memerangi Covid-19.

"Itu yang akan dikenang masyarakat. Pada titik ini, presiden Jokowi memiliki kesempatan untuk memperbaiki kinerja dan memotivasi seluruh aparat pemerintah untuk memerangi covid-19 dan menurunkan laju penyebarannya," kata Ketua Fraksi PAN DPR RI ini.

Saleh mencatat beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rangka memperbaiki kerja pemerintah. Pertama ketersediaan ruang perawatan. Alat kesehatan yang memadai, obat-obatan, kesiapan tenaga kesehatan. Testing dan tracing lebih banyak, sarana isolasi mandiri, bantuan sosial bagi masyarakat, percepat program vaksinasi, serta mengamankan agar kondisi ekonomi masyarakat tetap stabil.

"Itu mudah sekali disebutkan. Tetapi, dalam pelaksanaannya tidak mudah. Kita harus dukung pemerintah untuk merealisasikannya. Tanpa dukungan masyarakat, pemerintah pasti akan kesulitan untuk bekerja," pungkasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini