Kawal Surat Suara, NasDem Siapkan 1,6 Juta Saksi di TPS

Selasa, 16 April 2019 12:17 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Kawal Surat Suara, NasDem Siapkan 1,6 Juta Saksi di TPS Simulasi pencoblosan Pemilu 2019. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Partai NasDem konsen agar Pemilu serentak 2019 berjalan jujur dan transparan. Bahkan, NasDem telah menyiapkan 1,6 juta saksi untuk menjaga surat suara di seluruh TPS.

"Kita menyiapkan sekitar 1,6 juta saksi lebih," ungkap Ketua Komisi Saksi NasDem, I Gusti Putu Artha dalam siaran pers, Senin (15/4).

Saksi Partai NasDem tersebar di 809.497 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh Indonesia. Per TPS, NasDem menerjunkan 3 saksi. Biayanya, dari patungan para caleg NasDem.

"Sistem pembiayaan gotong royong para caleg," katanya.

Dalam menjalankan tugasnya, para saksi Partai NasDem sudah diberikan pemahaman dan pelatihan mengenai fungsi di TPS hingga pemungutan suara.

"Saksi dibekali SOP jam per jam hingga rekapitulasi suara di kecamatan. Saksi bekerja H-2 sampai dengan Hari H," tuturnya.

Jika di TPS atau daerah ada kecurangan, maka, saksi NasDem langsung melakukan koordinasi dengan seluruh koordinator di masing-masing kelurahan hingga kecamatan.

"NasDem sudah dibekali per kecamatan sistem pelaporan kecurangan. Badan Advokasi NasDem tiap kabupaten siap merespon dengan secepatnya," tuturnya.

Sementara itu, KPU mengingatkan pemilih untuk tidak membawa gawai atau peranti untuk merekam proses pencoblosan surat suara ke dalam bilik suara saat menggunakan hak pilih di TPS.

Komisioner KPU, Viryan Azis menyampaikan, praktik mengunggah proses pencoblosan di bilik suara mencederai hak pemilih itu sendiri. Sebab pemilihan bersifat rahasia.

"Bawa gadget nggak boleh," kata Komisioner KPU RI Viryan Azis. [rnd]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini