Kasus Positif Covid-19 Tetap Banyak, Efektivitas Tim Pengawas DPR Dipertanyakan

Kamis, 5 November 2020 19:30 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Kasus Positif Covid-19 Tetap Banyak, Efektivitas Tim Pengawas DPR Dipertanyakan Tim Pengawas Covid-19 DPR. ©Liputan6.com/Johan Tallo

Merdeka.com - Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) mempertanyakan kinerja tim pengawas Covid-19 DPR untuk mengawasi pemerintah. Formappi menilai, tim ini seakan tidak membawa efek terhadap kebijakan pemerintah dalam menangani Covid-19.

"Meski telah ada Tim Pengawas Covid-19, jumlah orang positif Covid tetap banyak, sehingga perlu dipertanyakan efektivitas dari Tim ini. Tim ini seakan tidak membawa efek terhadap kebijakan Pemerintah dalam menangani Covid-19," kata Peneliti Formappi bidang Lembaga, I Made Leo Wiratma dalam diskusi evaluasi kinerja DPR: Kinerja Abnormal di era new normal, Kamis (5/11).

Kemudian, dia menyoroti ajakan Ketua DPR RI Puan Maharani di penutupan masa sidang (MS) I tahun sidang (TS) 2020-2021 agar masyarakat mengapresiasi usaha pemerintah. Leo menilai, sikap DPR seperti jubir pemerintah.

"Apalagi di penutupan MS I TS 2020-2021, Ketua DPR mengajak masyarakat untuk memberikan apresiasi atas usaha-usaha yang dilakukan pemerintah. Alih-alih melakukan pengawasan, DPR justru menjadi juru bicara pemerintah," ujarnya.

Selain itu, tambah Leo, hingga berakhirnya MS IV TS 2019-2020, ada 32 panitia kerja (Panja) pengawasan yang dibentuk DPR. Dari 32 Panja tersebut, hanya 7 panja pengawasan diantaranya telah menyelesaikan tugasnya.

"Mengapa begitu sedikit Panja yang menyelesaikan tugasnya, dan masih banyak panja lainnya yang terus diperpanjang dari MS ke MS tanpa hasil yang jelas," tandasnya. [ray]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini