Karir Politik Riza Patria: Dari Aktivis Pergerakan Hingga Wagub DKI

Senin, 6 April 2020 13:10 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Karir Politik Riza Patria: Dari Aktivis Pergerakan Hingga Wagub DKI Ahmad Riza Patria. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - DPRD DKI akhirnya merampungkan pemilihan Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta. Melalui mekanisme pemungutan suara terbanyak, terpilih Ahmad Riza Patria sebagai pemenang mengalahkan Nurmansjah Lubis.

Dalam paripurna, Senin (6/4), Cawagub yang diusung Fraksi Gerindra itu meraih suara 81 saat pemilihan Wagub oleh DPRD. Dia menang telak dari pemungutan suara di DPRD DKI. Sementara penantangnya yakni Cawagub yang diusung PKS, Nurmansjah Lubis hanya meraih 17 suara. Sedangkan 2 suara dianggap tidak sah.

Riza Patria bukan orang baru di Jakarta. Dia bahkan pernah maju sebagai calon independen bersama Hendardji Supandji di Pilkada DKI Jakarta 2012. Sayang Riza kalah pamor dengan Jokowi-Ahok dan Foke-Nara yang saat ini masuk ke babak kedua.

Riza adalah pria kelahiran Banjarmasin pada 17 Desember 1969. Riza merupakan putra dari Drs. H. Amidhan yang merupakan Ketua MUI. Riza merupakan orang yang sangat aktif dalam berorganisasi. Selain pernah jadi Ketua DPP KNPI untuk periode 1999-2002 dan periode 2002-2005, pada periode 2002-2005 Riza juga menjabat sebagai Ketua DPD KNPI untuk Provinsi DKI Jakarta.

Di tahun 2008 tepatnya saat kongres KNPI di Bali, Riza dan Azis Syamsuddin pernah bertarung untuk merebutkan kursi Ketua Umum DPP KNPI. Saat kongres sebelumnya di Bekasi pada tahun 2002, Riza juga pernah bertarung melawan Idrus Marham.

Riza juga tercatat sebagai Ketua Umum DPN Garda Muda Merah Putih dan Komandan Nasional Menwa Indonesia. Riza pernah menjadi pengurus dari DPP GEMA MKGR, Wasekjend KAHMI DKI Jakarta, Wakil Kepala Humas PBSI, Sekjend DPP Persatuan Anak Guru Indonesia.

Selain sibuk sebagai seorang aktifis, Riza juga memiliki ketertarikan di dunia bisnis. Riza mendapatkan gelar Insinyur setelah lulus dari ISTN dan mengembangkan keterampilan di dunia bisnis. Riza adalah Direktur Utama di PT. Gala Ariatama. Riza juga sukses mendapatkan gelar magister dari ITB Bandung.

Di dunia politik, Riza aktif dalam Partai Gerindra dan menjadi salah satu Ketua DPP serta anggota Badan Seleksi Partai Gerindra.

Baca Selanjutnya: Janji Politik di Jakarta...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini