Kapolri Baru Akan Hadapi Tiga Tantangan

Jumat, 8 Juli 2005 18:30 Sumber :
Kapolri Baru Akan Hadapi Tiga Tantangan
Kapanlagi.com

Merdeka.com - Kapanlagi.com - Mantan Inspektur Jendral di Markas Besar Kepolisian RI (Polri), Komjen Pol Purn Ahwil Luthan berpendapat, Kapolri yang baru yakni Jendral Polisi Sutanto akan menghadapi tiga tantangan berat dalam melaksanakan tugasnya.

Kepada pers di Jakarta Jumat dia menjelaskan bahwa pengganti Jendral Da'i Bachtiar itu akan menghadapi tantangan untuk mengantisipasi aksi terorisme, memberantas korupsi serta melakukan pembenahan internal di jajaran kepolisian.

"Saat ini aksi terorisme merebak dimana-mana, bahkan London yang dijaga ketat pun bisa kebobolan," katanya.

Selanjutnya ia mengatakan bahwa Sutanto yang tidak lain adalah juniornya itu juga harus menghadapi tantangan berat dalam upaya pemberantasan tindak pidana korupsi karena praktek kotor itu kian marak di tanah air, demikian juga dengan berbagai macam pungutan liar.

Aparat kepolisian di bawah pimpinan Jendral Sutanto, jelas dia, harus mampu memberantas praktek-praktek kotor tersebut untuk mendukung terciptanya iklim investasi yang baik di Indonesia.

Dia juga mengatakan bahwa supaya semua tugasnya dapat terlaksana dengan baik Kapolri juga harus melakukan pembenahan internal di jajaran kepolisian.

"Kalau mau melakukan pembersihan ya sapunya harus bersih dulu," ujarnya.

Mengenai profil Jendral Sutanto, Ahwil yang kini menjadi Duta Besar Indonesia untuk Meksiko menilai bahwa Sutanto merupakan figur terbaik di jajaran Polri saat ini dan mempunyai catatan nilai akademik yang cemerlang.

Ahwil juga menilai Jendral Sutanto sudah teruji dan memenuhi syarat sebagai pimpinan Polri karena cukup berhasil memimpim Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Saya tahu persis BNN itu karena pernah jadi komandan yang pertama di sana," demikian Ahwil Luthan. (*/lpk)

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini