Kalau demokratis, Anas yakin Pasek bisa kalahkan SBY

Jumat, 2 Januari 2015 04:08 Reporter : Yulistyo Pratomo
Kalau demokratis, Anas yakin Pasek bisa kalahkan SBY Anas Urbaningrum jumpa pers di Duren Sawit. ©2014 merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Partai Demokrat segera menggelar kongres untuk memilih ketua umum untuk masa kepemimpinan 5 tahun mendatang. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi satu-satunya kandidat terkuat dalam ajang tersebut. Namun, kader lain tak mau kalah, mereka menantang SBY untuk bertarung secara demokratis.

Mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum tak mau ketinggalan untuk berkomentar soal pelaksanaan kongres tersebut. Bahkan, dia menyebut semua calon punya kesempatan sama, termasuk Pasek Suardika. Itu pun jika pemilihan dilaksanakan secara demokratis.

"Apakah saya mendukung Pasek Suardika maju? Jawabannya iya. Saya mendorong Pasek untuk berkompetisi. Ada yang bertanya, Pasek agamanya Hindu apa cocok untuk Demokrat? Saya balik, memang kenapa kalau Hindu? Apakah Pasek akan bisa menang? Tergantung kongresnya terbuka dan demokratis atau tidak. Kalau Kongres terbuka dan demokratis, semua kandidat punya peluang. Termasuk Pasek Suardika. #kisahkongres *abah," tulis Anas dalam akunnya @anasurbaningrum, Jumat (2/1).

Meski begitu, Anas yakin SBY berniat maju kembali sebagai Ketum Demokrat untuk kesekian kalinya. Apalagi, keikutsertaannya ini seakan-akan mendapat permintaan dari seluruh kadernya, dan memilih metode aklamasi.

"Mengapa dirancang aklamasi? Kalau bisa aklamasi, maka terjamin untuk menang. Jaminan itu penting. Kalau kompetisi terbuka, berbagai kemungkinan bisa terjadi. Pemenangnya bisa tak terduga. Kalau kompetisi terbuka, Pak SBY akan terkena situasi "menang ora kondhang, kalah wirang". Artinya : "menang tidak jadi terkenal, tetapi kalah malah memalukan". Situasi yg tidak nyaman. #kisahkongres *abah," tutupnya. [tyo]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini