Kalah dari Gerindra di Pemilihan Wagub DKI, PKS Bilang 'Cuma Kami yang Oposisi'

Senin, 6 April 2020 16:46 Reporter : Muhammad Genantan Saputra, Wilfridus Setu Embu
Kalah dari Gerindra di Pemilihan Wagub DKI, PKS Bilang 'Cuma Kami yang Oposisi' DPRD DKI Jakarta Sahkan Tata Tertib Pemilihan Calon Wakil Gubernur DKI. ©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengucapkan selamat kepada Ahmad Riza Patria yang terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Riza mengalahkan penantangnya Nurmansjah Lubis dari hasil voting di sidang paripurna DPRD DKI Jakarta.

"Selamat kepada Riza Patria sebagai Wagub DKI Jakarta terpilih," kata Juru bicara PKS, Ahmad Fathul Bahri lewat keterangannya kepada merdeka.com, Senin (6/4).

Diketahui, Riza diusung Gerindra menjadi Cawagub DKI. Sementara Nurmansjah, didukung oleh PKS.

Meski proses politik di DPRD DKI berkata lain, kata dia, PKS sudah memperjuangkan aspirasi masyarakat Ibu kota dengan memilih Nurmansjah sebagai Cawagub DKI Jakarta yang dinilai memiliki kompetensi dan integritas untuk membantu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Fathul mengatakan, hasil voting memperlihatkan bahwa relatif hanya PKS yang memilih Nurmansjah dan hal tersebut mungkin saja sebagai gambaran kondisi konstelasi politik di tingkat nasional.

"Karena hanya PKS yang secara tegas menyatakan diri sebagai oposisi atau berada di luar Pemerintah untuk melakukan kontrol terhadap jalannya Pemerintahan yang lebih baik. Karena konstelasi politik DKI merupakan cerminan politik nasional," ucapnya.

1 dari 1 halaman

PKS berharap, Wakil Gubernur terpilih Riza Patria bisa membantu Gubernur Anies Baswedan dan memperjuangkan aspirasi publik yang sudah memberikan amanah dalam Pilkada DKI Jakarta 2017 yang lalu.

Sebelumnya, Riza Patria terpilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta hingga 2022. Cawagub yang diusung Fraksi Gerindra itu meraih suara 81 saat pemilihan Wagub oleh DPRD. Dia menang telak dari pemungutan suara di DPRD DKI.

Sementara penantangnya yakni Cawagub yang diusung PKS, Nurmansjah Lubis hanya meraih 17 suara. Sedangkan 2 suara dianggap tidak sah.

Jumlah tersebut sesuai dengan tata tertib DPRD atas pemilihan Wakil Gubernur yang menyatakan pemenang kontestasi ini meraih suara 50 ditambah 1. [rnd]

Baca juga:
Nurmansjah Gagal Jadi Wagub DKI, PKS akan Tetap Dukung Anies Tapi Lebih Kritis
Terpilih Jadi Wagub DKI, Riza Patria Klaim PKS dan Nurmansjah Sudah Legawa
PKS Sebut Pilihan Anggota DPRD ke Nurmansjah Lubis Terhalang Sikap DPP Parpol
Harta Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria Capai Rp19 M

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini