Kakak Nicky Astria siap gantikan Emil jadi Wali Kota Bandung

Kamis, 27 April 2017 11:28 Reporter : Andrian Salam Wiyono
Kakak Nicky Astria siap gantikan Emil jadi Wali Kota Bandung Bucky Wikagoe. ©2017 merdeka.com/andrian salam wiyono

Merdeka.com - Pilwalkot Bandung baru akan berlangsung sekitar satu tahun lagi. Namun beberapa nama sudah mulai terang-terangan siap menggantikan posisi Ridwan Kamil sebagai wali kota. Salah satunya Bucky Wikagoe, kakak dari sang rocker Nicky Astria.

Sinyal Ridwan Kamil untuk menjadi petahana sendiri sudah tertutup, sebab Emil, sapaan akrabnya sudah berambisi ikut serta di Pilgub Jabar yang juga berlangsung 2018 nanti.

"Saya lahir di Bandung dan juga besar di Bandung. Kalau ditugaskan partai harus siap. Saya kira taste saya dengan Ridwan Kamil enggak akan jauh beda. Banyak hal sama Emil (sapaan akrab Ridwan Kamil) dengan saya, karena saya merasa satu selera," kata Bucky yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang OKK DPD Partai Gerindra Jawa Barat saat ditemui di bilangan Jalan Lombok, Kota Bandung, Kamis (27/4).

Konsep Ridwan Kamil membangun Bandung tak jauh berbeda dengan pemikirannya. Yakni menjadikan sejumlah negara maju di Asia sebagai kiblat. Cukup lama hidup di beberapa negara di Asia, salah satunya Malaysia, dia mengaku merekam bagaimana cara negara-negara tetangga itu bisa maju.

"Pengalaman saya hidup di luar terekam untuk nantinya diterapkan di Bandung. Bagaimana saat itu saya tinggal di Malaysia, negaranya membangun, yang ternyata melibatkan banyak orang Indonesia. Saya pernah dipuji-puji di sana. Karena orang Malaysia merasa orang Indonesia pintar-pintar. Bagaimana Malaysia itu membangun SDM dengan ke depankan pendidikan sebagai hal utama," imbuhnya.

Dia sendiri memuji cara Ridwan Kamil membangun Bandung yang bisa mengimplementasikan latar belakangnya sebagai arsitek. "Emil ini bagus cara berpikirnya. Dia bisa menuangkan arsiteknya itu ke Kota Bandung dengan pengalamannya. Tapi mengutip teori Maslow, apakah yang sudah dilakukan Emil itu sudah memenuhi kebutuhan dasar sebagai yang utama atau aktualisasi diri yang ada pada posisi lima," jelasnya.

Jika kelak dirinya bisa menjadi penerus Ridwan Kamil di Bandung dirinya akan memenuhi kebutuhan dasar warga.

"Jadi kalau saya nanti saya ingin yang nomor satu dulu kebutuhan dasar, lalu nomor dua dan sampai akhirnya yang terakhir aktualisasi diri," terang Bucky yang merupakan Dosen Pascasarjana FISIP UNpad dan juga direktur Bandung Orchestra. [lia]

Topik berita Terkait:
  1. Pilwalkot Bandung
  2. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini