Jokowi Yakin PKB Tidak Kendor Serukan Nilai Moderat dan Toleransi Agama

Kamis, 8 April 2021 12:22 Reporter : Intan Umbari Prihatin
Jokowi Yakin PKB Tidak Kendor Serukan Nilai Moderat dan Toleransi Agama Jokowi di acara tanwir pemuda muhammadiyah. ©Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyakini Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tidak kendor untuk menyuarakan nilai-nilai moderat dan toleransi keagamaan. Sehingga Indonesia terbebas dari sikap radikalisme terorisme.

"Saya meyakini PKB tidak kendor untuk terus menyemai nilai-nilai moderat, tawassuth, tawasun, dan terus menebarkan moderasi beragama menjunjung tinggi toleransi dan kerukunan antar sesama. Sehingga radikalisme terorisme tidak ada lagi di negara yang kita cintai ini Indonesia," katanya saat membuka Musyawarah Kerja Nasional dan Musyawarah Nasional Alim Ulama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (8/4).

Jokowi menjelaskan pemerintah terus berkomitmen untuk selalu menghidupkan moderasi beragama dalam kehidupan masyarakat. Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut tegas mengatakan pemerintah tidak akan berkompromi dengan tindakan intoleransi.

"Eksklusivitas dan ketertutupan jelas tidak sesuai dengan Bhineka Tunggal Ika, dalam hal ini sikap pemerintah tegas tidak akan berkompromi terhadap tindakan intoleransi yang merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara," ungkapnya.

Sementara itu, Jokowi juga yakin PKB kedepan bisa terus mewarisi bahwa agama dan nasionalisme tidak bertentangan. Harapannya partai yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu bisa memperkuat pondasi keagamaan dan kebangsaan.

"Saya percaya PKB di hari ini kedepan dan seterusnya akan terus mewarisi semangat yang mulia tersebut, terus memperkuat pondasi keagamaan dan kebangsaan untuk mewujudkan balda Tun toyyibatun warobbun Ghofur," tutupnya. [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini