Jokowi Soal Usul Percepatan Pelantikan: Yang Punya Kerja Itu MPR, Jangan Tanya Saya

Rabu, 2 Oktober 2019 14:12 Reporter : Arie Sunaryo
Jokowi Soal Usul Percepatan Pelantikan: Yang Punya Kerja Itu MPR, Jangan Tanya Saya jokowi hadiri perayaan puncak batik nasional di Solo. ©2019 Merdeka.com/biro pers

Merdeka.com - Munculnya usulan percepatan pelantikan presiden ditanggapi dingin oleh Presiden terpilih Joko Widodo alias Jokowi. Menurut mantan Wali Kota Solo itu, pelantikan tersebut merupakan kewenangan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR).

"Yang pertama pimpinan MPR saja belum ada, baru besok-besok, belum lho. Sehingga kita belum bisa berbicara," ujar Jokowi usai mengikuti puncak peringatan Hari Batik Nasional di Istana Mangkunegaran Solo, Rabu (2/10).

Jokowi merasa perlu berbicara dengan pimpinan MPR untuk masalah pelantikan tersebut. Setelah terbentuk Ketua dan pimpinan MPR yang lain, baru akan disampaikan mengenai pelantikan presiden dan wakil presiden.

"Apa yang mau dibicarakan sama MPR kalau pimpinannya belum ada?," tandasnya.

"Kita serahkan, yang punya kerja itu MPR, jangan tanya ke saya," katanya lagi.

Jokowi mengaku mendapatkan banyak keluhan dari relawan yang meminta pelantikan diajukan menjadi tanggal 19 Oktober. Namun ia kembali menegaskan jika pelantikan presiden dan wakil presiden merupakan kewenangan MPR. Saat ditanyakan terkait pembentukan kabinet, Jokowi pun belum mau memberikan kabar baik.

"Pelantikan saja belum, nanti kalau sudah pelantikan, baru bicara masalah kabinet," pungkas Jokowi. [cob]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini