Jokowi soal parpol janji ajukan calon di pilkada: Nanti kita lihat!

Jumat, 7 Agustus 2015 21:29 Reporter : Muhammad Sholeh
Jokowi soal parpol janji ajukan calon di pilkada: Nanti kita lihat! Joko Widodo. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah memutuskan untuk tidak mengeluarkan Perppu Pilkada serentak khususnya mengenai 7 kabupaten/kota yang hanya terdapat calon tunggal. Menurut Jokowi, semua partai politik telah berkomitmen untuk mengajukan pasangan calon kepala daerah di tujuh daerah tersebut. Pasangan calon akan didaftarkan setelah KPU memperpanjang waktu pendaftaran.

"Kemarin parpol-parpol menyampaikan semuanya ingin mendorong agar ada calon lebih dari satu. Sudah ada komitmen itu. Tapi di lapangan ya nanti kita lihat," kata Jokowi usai membuka Kongres III PA GMNI di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (7/8).

Jokowi mengaku, sampai saat ini masalah Perppu memang belum dipikirkan lebih jauh. Saat ini dirinya memang belum berpikir untuk mengeluarkan Perppu karena KPU juga sudah memperpanjang masa pendaftaran calon di daerah yang belum selesai.

"Semoga pengunduran (waktu pendaftaran) ini bisa menyelesaikan masalah yang ada di daerah," jelas Jokowi.

Seperti diketahui, Presiden Jokowi telah melakukan rapat konsultasi dengan semua pimpinan lembaga negara. Termasuk, Jokowi sudah berkonsultasi dengan KPU, Bawaslu dan DKPP soal calon tunggal di 7 kabupaten/kota. [dan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini