'Jokowi Sangat Nyaman dengan Prabowo'

Senin, 8 Agustus 2022 05:02 Reporter : Lydia Fransisca
'Jokowi Sangat Nyaman dengan Prabowo' Potret Jokowi dan Prabowo kerja bareng. ©Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden

Merdeka.com - Pengamat politik Muhammad Qodari mengatakan, Presiden Joko Widodo main hati dengan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Sebab, banyak faktor yang membuat Jokowi terlihat dekat dengan Prabowo.

Menurut Qodari, selain menjadikan sebagai menteri pertahanan, Prabowo juga dianggap menjadi simbol rekonsiliasi yang diperlukan dalam situasi pandemi Covid-19.

"Karena ia adalah menterinya. Yang kedua adalah simbol dari rekonsiliasi, kesatuan, dan persatuan yang sangat diperlukan dalam situasi uluran tangan seperti sekarang ini. Yakni situasi pandemi yang membutuhkan anggaran untuk vaksinasi dan seterusnya," jelas Qodari pada diskusi politik #Safari24 Total Politik dengan tema ‘Gelar Musra, Jokowi Pilih Siapa?’ pada Minggu (7/8).

2 dari 3 halaman

Selain itu, Qodari menambahkan, Jokowi nyaman dengan Prabowo. Hal tersebut dapat terlihat dari gestur Jokowi yang meminta menteri pertahanan tersebut untuk mewakili dirinya menutup turnamen Piala Presiden 2022, Sabtu (6/8) kemarin.

"Saya rasa Pak Jokowi sangat nyaman dengan Pak Prabowo, ya. Dengan gesturnya, dengan bahasa tubuhnya. Kalau tidak salah saya, Pak Prabowo itu mewakili presiden lho meresmikan atau membuka acara pertandingan apa Piala Presiden apa gitu. Sejak kapan menteri itu atas nama presiden membuka acara itu, bukan acara resmi kementerian ya, tapi itu acara olahraga," kata Qodari.

Lebih lanjut, Qodari mengatakan, Prabowo memiliki paket lengkap sebagai calon presiden karena elektabilitasnya dan dukungan partai politik yang mumpuni.

3 dari 3 halaman

Dari elektabilitas, Qodari menyebut, tiga nama teratas, yaitu Prabowo Subianto, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.

Dilihat dari partai politik, Prabowo merupakan ketua umum Partai Gerindra yang sangat mungkin untuk menjadi sebagai calon presiden.

"Nah kalau kriterianya ada dua, elektabilitas dan partai politik, maka semuanya benar. Calon presiden yang paling pasti pada hari ini yang bisa maju namanya, Prabowo Subianto," kata Qodari. [rnd]

Baca juga:
Bicara Capres, Hasto Kristiyanto Ungkap 4 Nama Kader Kebanggaan PDIP
Bertemu Para Kiai Sepuh, Cak Imin Minta Didoakan Sukses pada Pilpres 2024
Warga Kupang Deklarasikan Anies Baswedan Capres 2024
Besok, Partai Gelora Daftar Peserta Pemilu 2024 ke KPU
PDRI Targetkan Minimal Raih 4 Persen Suara di Pemilu 2024
PDRI Daftar Peserta Pemilu 2024 ke KPU, Dokumen Belum Lengkap

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini