Jokowi: Pemilu 2024 Digelar dalam Kondisi Ekonomi Global yang Suram

Jumat, 2 Desember 2022 10:13 Reporter : Merdeka
Jokowi: Pemilu 2024 Digelar dalam Kondisi Ekonomi Global yang Suram Presiden Jokowi Resmikan Asrama. Instagram/@sekretariat.kabinet ©2022 Merdeka.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan, Pemilu 2024 akan berjalan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan. Meski begitu, bukan tidak ada hambatan saat menjalani setiap tahapannya. Apalagi, situasi ekonomi global yang tengah sulit.

"Pemilu 2024 diselenggarakan dalam kondisi ekonomi global yang penuh kesuraman, kesulitan, ketidakpastian," kata Jokowi saat pidato pembukaan dalam acara konsolidasi Nasional dalam rangka Kesiapan Pemilu Serentak 2024 di Convention Hall Beach City Entertainment Center (BCEC) – Ancol, Jumat (2/12).

Dalam kondisi tersebut, lanjut Jokowi, KPU harus tetap bekerja menyukseskan Pemilu 2024. Caranya, dengan tetap melakukan efisiensi terhadap pemanfaatan anggaran dan mengatur skala prioritas.

"Juga tetap harus hati-hati dan waspada jangan sampai membuat kebijakan sekecil apapun yang salah, sehingga menjadi sulit," tegas presiden.

Jokowi meminta, waktu persiapan yang tidak banyak harus dipergunakan sebaik mungkin. Demi meningkatkan teknis persiapan Pemilu dan memperbaiki kekurangan yang ada.

"Masalah yang ada harus kita selesaikan, mengatasi kelemahan yang masih ada, segera kita selesaikan bersama," tutup Jokowi.

2 dari 2 halaman

Kondisi Suram Karena Geopolitik Dunia

Jokowi meyakini, situasi dunia saat ini mulai tidak stabil karena diawail pandemi Covid-19. Belum reda badai tersebut, perang Ukraina dan Rusia berkecamuk yang berakibat krisis di segala sektor.

Mulai dari geopolitik, pangan, energi hingga finansial. "Krisis di semua negara dan justru yang banyak di negara maju," urai Jokowi.

Oleh karenanya itu, presiden meminta, satu rasa antar sesama anak bangsa adalah sebuah keharusan untuk bertahan menghadapi kondisi dunia saat ini.

Reporter: Muhammad Radityo

Sumber: Liputan6.com [rnd]

Baca juga:
Tak Mau Bahas Masalah Dunia, Jokowi: Nanti Ada yang Bilang Presiden Menakut-nakuti
Ini 5 Ancaman Ekonomi yang Diwaspadai Bank Indonesia, Termasuk Cash is King
Jokowi Tak Mau Lagi Bicara Masalah Dunia: Nanti Ada yang Bilang Menakut-nakuti Rakyat
Jokowi Ingatkan Menteri: Super Hati-Hati Buat Kebijakan, Jangan Salah Sekecil Apapun
PKS Kritik Jokowi soal Pemilu di Tengah Ekonomi Suram: Jangan Menakut-nakuti Rakyat
Jokowi: Semua Kepala Negara Pusing karena Krisis, Indonesia Tidak

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini