Jokowi Diminta Pertimbangkan Orang Minang Jadi Menteri

Senin, 12 Agustus 2019 15:51 Reporter : Randy Ferdi Firdaus
Jokowi Diminta Pertimbangkan Orang Minang Jadi Menteri Jokowi kurban. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Politikus Senior PPP, Bachtiar Chamsyah mendukung Penggagas Relawan Jokowi (ReJo), HM Darmizal untuk masuk menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Darmizal disebut tokoh minang yang layak dipertimbangkan oleh Jokowi.

"Damizal ini visioner. Orang baru berpikir, dia telah berbuat. Dia juga tokoh Minang. Darmizal supel, punya banyak teman. Mudah diterima semua lapisan masyarakat. Kita perlu orang seperti itu. Kepedulian terhadap rakyat cukup tinggi," kata Bachtiar kepada wartawa, Senin (12/8).

Bachtiar mengaku sangat gembira apabila Tuhan mentakdirkan Darmizal menjadi menteri Jokowi. Menurut dia, Darmizal, memiliki pendidikan tinggi, pengalamannya banyak serta figur sederhana.

"Dia rela mundur sebagai pimpinan Komisi Pengawas di partainya (Partai Demokrat) demi mendukung Jokowi," jelas Bachtiar.

Dia menilai, Jokowi seorang negarawan, apalagi setelah bertemu dengan Prabowo. Sehingga, wajar jika Jokowi mempertimbangkan unsur keindonesiaan di kabinet.

"Harus dipertimbangkan (orang minang). Faktor (keterwakilan) Papua, Aceh, dan Sumatera Barat," tambah dia lagi.

Dengan begitu, lanjut dia, kabinet benar-benar mencerminkan Indonesia. Walau Jokowi kalah di Aceh, Sumatera Barat, termasuk daerah lain, tapi bukan berarti figur-figur dari daerah itu harus disingkirkan.

"Di situ jiwa besar negarawan akan nampak," nilai Bachtiar.

"Tapi tentu, beliau akan cari orang-orang yang seide dengannya. Tidak sembarangan orang bisa masuk kabinet. Saya kira Darmizal ini punya ide yang selaras dengan Pak Jokowi. Darmizal tipikal pekerja keras," tutup dia. [rnd]

Topik berita Terkait:
  1. Jokowi
  2. Kabinet Jokowi
  3. Jakarta
Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini