Jokowi Beberkan Tiga Jenis Bansos yang Realisasinya Rendah

Selasa, 20 Juli 2021 16:19 Reporter : Supriatin
Jokowi Beberkan Tiga Jenis Bansos yang Realisasinya Rendah Presiden Jokowi bagikan sembako dan vitamin di Sunter. ©BPMI

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyoroti realisasi bantuan sosial yang masih rendah. Padahal, bantuan sosial sangat dibutuhkan masyarakat menghadapi tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Ada tiga bantuan sosial yang tercatat masih rendah. Pertama, bantuan untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Data yang dikantongi Jokowi, total anggaran bantuan UMKM sebesar Rp13,3 triliun untuk 514 kabupaten dan kota di Indonesia. Namun, yang baru terealisasi hanya Rp2,3 triliun.

"Padahal kita sekarang ini butuh sekali, rakyat butuh sekali, rakyat menunggu. Sehingga saya minta ini agar segera dikeluarkan," tegas Jokowi, Senin (19/7).

Kedua, bantuan perlindungan sosial (perlinsos). Mantan Gubernur DKI Jakarta ini mencatat, total anggaran untuk bantuan perlinsos sebesar Rp12,1 triliun. Realisasinya baru Rp2,3 triliun.

"Realisasi juga baru Rp2,3 triliun, belum ada 20 persen semuanya. Padahal rakyat menunggu ini," ujarnya.

Bantuan ketiga yakni bantuan langsung tunai (BLT) Dana Desa. Pemerintah telah mengalokasikan dana untuk BLT Dana Desa sebesar Rp72 triliun. Hingga saat ini, yang terpakai baru Rp5,6 triliun.

"BLT Desa totalnya Rp28 triliun tetapi yang realisasi, yang dipakai baru Rp5,6 triliun, juga kurang dari 25 persen. Ini yang saya minta semuanya dipercepat. Sekali lagi, dengan kondisi seperti ini, percepatan anggaran sangat dinanti oleh masyarakat," tegasnya. [noe]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini