Jimly anjurkan pemerintah keluarkan perpres calon tunggal pilkada

Rabu, 7 Oktober 2015 22:41 Reporter : Marselinus Gual
Jimly anjurkan pemerintah keluarkan perpres calon tunggal pilkada Pemungutan suara pilpres di Benhil. ©2014 merdeka.com/muhammad lutfhi rahman

Merdeka.com - Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Jimly Asshiddiqie menganjurkan pemerintah agar segera diterbitkan Peraturan Presiden (Perpres) yang khusus mengatur pelaksanaan pilkada di tiga daerah dengan satu pasangan calon.

Tiga daerah tersebut adalah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) di NTT, Kota Blitar di Jawa Timur dan Kabupaten Tasikmalaya di Jawa Barat. Pentingnya Perpres ini, kata Jimly untuk memayungi tahapan-tahapan yang telah diubah pasca putusan MK.

"Karena ada tahapan-tahapan yang tidak keuber (terkejar) kalau tidak dilindungi oleh ketentuan khusus menyangkut soal tender. Jadi perlu ada dukungan norma perpres dalam hal ini, karena dia harus sedikit mengubah aturan perpres yang ada yang mengatur soal berkenaan dengan tender dan lain sebagainya itu," ujar Jimly di sela-sela Rapat Koordinasi antara DKPP, Bawaslu dan KPU di Gedung KPU, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, Rabu (7/10) sore.

Perpres ini, kata Jimly khusus untuk tiga daerah dengan pilkada paslon tunggal karena waktu pelaksanaan tahapan pilkada yang mepet. Dengan adanya Perpres ini, menurutnya KPU dan bawaslu bisa bekerja dengan tenang di tiga daerah ini.

"Di satu sisi, mereka harus menjalankan putusan MK. Di sisi lain dia juga harus menjalankan teknisnya. Nah biar aman dari segi administrasi dan dia memandu juga dengan tepat kepada penyelenggara di seluruh Indonesia maka PKPU harus segera terbit," jelas Jimly. [bal]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini