Jelang Setahun Jokowi-Ma'ruf, Survei ASI Sebut 67,4% Publik Puas Kinerja Pemerintah

Jumat, 19 Juni 2020 14:54 Reporter : Bachtiarudin Alam
Jelang Setahun Jokowi-Ma'ruf, Survei ASI Sebut 67,4% Publik Puas Kinerja Pemerintah Pelantikan Jokowi-Maruf. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Jelang satu tahun pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Lembaga Arus Survei Indonesia (ASI) merilis hasil surveinya terkait tingkat kepuasaan publik yang mencapai 67,4 persen terhadap kinerja Jokowi-Ma'ruf.

Survei ini, dilaksanakan pada 9-12 Juni 2020 di 34 provinsi di Indonesia dengan cara telesurvei, yaitu responden diwawancara melalui kontak telepon menggunakan kuesioner. Metode penarikan sampel Multistage Random Sampling. Jumlah responden 1000 responden dengan margin of error +/- 3.1% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berdasarkan kategorisasi responden masyarakat dengan membandingkan karakteristik demografis (provinsi, gender, desa, kota, etnis, agama, dll). Dengan pertanyaan kepada Responden: 'Bagaimana penilaian Bapak, ibu, atau Saudara terhadap kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin?'

"Terkait kinerja pemerintahan, sebanyak 67,4 persen publik mengatakan puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin dan sekitar 25,3 persen tidak puas sedangkan 7,3 persen tidak menjawab," sebut Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an pada keterangan hasil surveinya, Jumat (19/6).

Selanjutnya, dia mengatakan, secara umum publik mempersepsikan baik kinerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin mengingat angkanya di atas 50%.

Sementara untuk hasil survei secara terpisah masing-masing, terkait kinerja Presiden Jokowi responden sebanyak 68,3 persen mengatakan puas, 25 persen tidak puas dan 6,7 persen tidak menjawab. Sedangkan untuk kinerja Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebanyak 59,5 publik menilai puas, 34,4 persen tidak puas, dan sisanya 6,1 persen tidak menjawab.

1 dari 1 halaman

Survei Indikator 56,4 Persen Puas

Sebelumnya juga Survei Indikator Politik Indonesia telah memperlihatkan persepsi publik masih puas terhadap kinerja pemerintah pusat dalam menangani pandemi Covid-19. Pada survei Indikator Mei 2020, tingkat kepuasan masyarakat mencapai 56,4 persen. Responden yang menyatakan tidak puas sebesar 31,3 persen.

Dibandingkan dengan survei Indikator pada Februari 2020, terjadi penurunan kepuasan masyarakat terhadap bagaimana pemerintah mengambil langkah kebijakan menghadapi pandemi Covid-19. Survei Februari 2020 ini dilakukan sebelum kasus Covid-19 mulai ramai di Indonesia.

Pada Februari 2020, tingkat kepuasan publik mencapai 70,8 persen. Sementara yang tidak puas hanya 11,6 persen.

"Kepuasan publik dengan langkah-langkah pemerintah dalam pencegahan penyebaran corona masih mayoritas, tapi menurun signifikan dibanding tiga bulan sebelumnya," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam pemaparan survei secara daring, Minggu (7/6). [bal]

Baca juga:
Survei ASI: 75,6 Persen Publik Setuju Jokowi Reshuffle Kabinet
Survei KedaiKOPI: Susi Pudjiastuti Unggul Sebagai Tokoh Alternatif Nasional
Survei: Warga Amerika Paling Tidak Bahagia Saat Ini
Istana Tak Permasalahkan Survei Kepuasaan Masyarakat Anjlok: Kondisi Saat ini Sulit
Survei Kepuasan Kinerja Jokowi Merosot, Sudah Waktunya Reshuffle Kabinet?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini