Jelang Pelantikan, PDIP Kumpulkan 11 Kepala Daerah Terpilih se-Jatim

Selasa, 16 Februari 2021 21:50 Reporter : Erwin Yohanes
Jelang Pelantikan, PDIP Kumpulkan 11 Kepala Daerah Terpilih se-Jatim PDIP Jatim kumpulkan kepala daerah terpilih. ©2021 Merdeka.com

Merdeka.com - Jelang pelantikan kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih, DPD PDI Perjuangan Jatim menggelar Rapat Konsolidasi Internal bersama 11 kepala daerah dan wakil kepala daerah terpilih yang diusung PDI Perjuangan di Pilkada 2020.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Timur, Kusnadi mengungkapkan, rapat konsolidasi bersama kepala daerah dan wakil kepala daerah yang berhasil memenangkan pilkada serentak 2020 ini baru pertama dilakukan PDI Perjuangan Jatim.

"Kita tidak pernah setelah pilkada kita kumpul dengan kandidat kita yang menang. Sebelumnya kami membantu para calon kepala daerah yang kami usung, hasilnya menang Alhamdulillah. Selanjutnya kami hanya membuat laporan dan selesai," katanya, Selasa (16/2).

Politisi yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur ini menjelaskan bahwa rapat konsolidasi ini untuk menjalankan amanah partai dan amanah Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Kita kumpul di sini untuk menjalankan amanah Partai yang tertuang pada hasil kongres partai, juga untuk menjalankan amanah Ibu Ketua Umum untuk memenangkan pileg dan pilpres selama tiga kali berturut-turut," jelasnya.

Dia juga berharap agar kegiatan ini mampu membangun kebersamaan. "Kalau bahasa PDI Perjuangan, itu disebut tiga pilar partai," terang Kusnadi.

Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jatim, Sri Untari Bisowarno menambahkan, selain untuk silahturahmi acara konsolidasi tersebut juga diharapkan ke depan agar tidak ada lagi masalah-masalah yang akan muncul antara kepala daerah dengan partai pengusungnya, sehingga tiga pilar partai ke depan bisa berjalan dengan baik.

"Selama ini sering kita dengar, DPC partai kurang begitu harmonis dengan kepala daerah. Lalu dari kepala daerah merasa tidak didukung oleh partai," ungkapnya.

"Maka pada hari ini kami niatkan DPD PDI perjuangan Jawa Timur dan sebelas kepala daerah yang terpilih, ada campur tangan DPD PDI Perjuangan Jatim di dalamnya. Sehingga, kami ingin betul-betul menjaga bapak dan ibu untuk benar-benar memiliki kedekatan hubungan bersama dengan partai," imbuhnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Kehormatan Partai DPD PDI Perjuangan Jatim, Budi Sulistyono yang akrab disapa Mbah Kung ini menyampaikan pentingnya hubungan yang harmonis antara kepala daerah dengan wakilnya, sehingga pemerintahan bisa berjalan dengan baik dan dicintai masyarakatnya.

"Kunci sukses kepemimpinan seseorang itu jika masyarakat mengingat apa yang kita kerjakan. Kuncinya kepala daerah dan wakilnya harus menjalin hubungan yang harmonis," ujarnya.

Bupati Ngawi dua periode ini juga memberikan bekal pengalamannya dalam membangun harmonisasi hubungan kepala daerah dan wakil kepala daerah hingga tuntas di satu periode pemerintahan berdua. Ia juga menyebut, hubungan kepala daerah dan wakilnya disharmoni, tentu akan dapat mengganggu jalannya pemerintahan.

"Jabatan itu bisa hilang, tapi Mbah Kung itu tidak akan pernah hilang," pungkasnya. [bal]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini