Jauhi Nawacita, tiga menteri ini dinilai layak diganti

Minggu, 3 April 2016 15:42 Reporter : Etika Widya Kusumadewi
Jauhi Nawacita, tiga menteri ini dinilai layak diganti Menteri Kabinet Jokowi. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Isu reshuffle jilid II kini tengah berhembus kencang. Beberapa nama pun kerap dikabarkan tidak memiliki kinerja yang sesuai Nawacita.

"Harusnya Presiden Jokowi mempertimbangkan menteri-menteri yang menjauhi Nawacita," ujar Direktur Lingkar Madani, Ray Rangkuti saat menghadiri diskusi Kemandirian Bangsa: "Menyongsong Reshuffle jilid II: Menuju Konsolidasi Kabinet Nawacita di Jakarta, Minggu (3/3).

Ray dalam hal ini membagi tiga model kabinet kerja. Yang pertama adalah menteri-menteri yang berada di garis Nawacita yakni Retno Marsudi, Lukman Hakim Saifuddin, Rizal Ramli, Siti Nurbaya dan Anies Baswedan.

Pada model kedua, Ray menyenut mereka yang menuju Nawacita yakni Ferry M. Baldan, Sudirman Said dan Susi Pudjiastuti. Yang terakhir pada model ini adalah yang menjauhi Nawacita yakni Bambang Brodjonegoro, Rini Soemarno dan Sofyan Djalil.

Ray mengatakan bahwa mereka yang berada di garis Nawacita tinggal diarahkan kembali oleh Presiden Jokowi.

"(Model pertama) masih layak dipertahankan oleh Jokowi. Yag jauh dari Nawacita perlu dipertimbangkan oleh Jokowi," paparnya.

Namun menurut Ray, reshuffle tersebut jangan dijadikan sebagai ajang untuk menyenangkan pihak tertentu karena menyeimbangkan kekuatan partai yang baru bergabung dengan pemerintah.

"Menyeimbangkan kekuatan partai karena PAN dan PPP yang bergabung ke partai negara, kalau ini dilakukan tidak terlalu bermanfaat," tambah Ray. [did]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini