Jatim Dianggap Penentu Kemenangan Pemilu 2024, Begini Strategi PDIP

Selasa, 24 Januari 2023 19:19 Reporter : Alma Fikhasari
Jatim Dianggap Penentu Kemenangan Pemilu 2024, Begini Strategi PDIP Junimart Girsang. ©dpr.go.id

Merdeka.com - PDI Perjuangan tengah membangun strategi untuk meraup kantong suara di wilayah Jawa Timur. Strategi tersebut yakni dengan mempererat soliditas dan bergerak ke bawah menyerap aspirasi masyarakat.

"Patokan itu di PDIP adalah bagaimana kita tetap solid bergerak ke bawah bersama rakyat dan betul-betul rakyat itu tetap bersama PDIP," kata Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Junimart Girsang saat ditemui di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (24/1).

Selain itu, PDIP juga melakukan komunikasi dengan tokoh-tokoh di Jawa Timur. Termasuk Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Semua tokoh-tokoh kita ajak komunikasi. Bukan hanya kepala daerah, tokoh desa, tokoh dusun bahkan," ujarnya.

"PDIP berkomunikasi dengan semua pemimpin di negara ini. Baik itu lurah, semua sampai wali kota, gubernur," imbuh Junimart.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Peneliti SMRC, Saidiman Ahmad mengakui apabila Khofifah bisa jadi penentu kemenangan di Pemilu 2024. Oleh sebab itu, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo ingin sekali meminang Khofifah.

"Ya, saya kira itu alasannya. Selain itu, Jawa Timur juga menjadi representasi kelompok Islam NU yang cukup besar," kata Saidiman saat dihubungi merdeka.com, Sabtu (21/1).

Sekedar informasi, Khofifah adalah ketua Muslimat NU. Diperkirakan anggota Muslimat NU mencapai 32 juta anggota di seluruh Indonesia.

Saidiman menjelaskan, provinsi Jawa Timur sangat penting dalam pemilihan presiden. Dalam dua kali pemilihan presiden sebelumnya, Jatim selalu menjadi penentu kemenangan.

"Ada kecenderungan Jawa Barat lebih dominan pemilih Prabowo dan Anies, sementara Jawa Tengah adalah basis Ganjar. Jawa Timur menjadi penentu," tegas dia. [eko]

Baca juga:
Sama-Sama Pecinta Alam, Ini Potret Kedekatan Megawati & Mantan Menhut M Prakosa
Megawati Berduka Eks Menteri Kehutanan Prakosa Wafat, Hasto: Beliau Sahabat Ibu
Dipimpin Novita Hardini, PDIP Trenggalek Gelar Inovasi Olahan Pangan Dari Ikan
M Prakosa Mantan Menteri Kehutanan Meninggal, PDIP Beri Penghormatan Terakhir
Doa Ketiga Anak Megawati saat Ulang Tahun ke-76
Jokowi soal Masa Jabatan Kades: UU-nya Jelas Hanya 6 Tahun

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini