Jaga Independensi, Panelis & Moderator Debat Pilpres Teken Pakta Integritas

Rabu, 27 Maret 2019 14:38 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Jaga Independensi, Panelis & Moderator Debat Pilpres Teken Pakta Integritas Panelis dan Moderator Debat Pilpres Teken Pakta Integritas. ©Liputan6.com/Delvira Hutabarat

Merdeka.com - Menjelang debat Pilpres keempat yang akan digelar Sabtu (30/3) mendatang, KPU bersama seluruh panelis dan moderator debat Pilpres menandatangani pakta integritas. Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, penandatangan ini merupakan bentuk komitmen seluruh elemen untuk menjaga independensi dan integritas debat.

Arief menegaskan, para pihak yang menandatangani mematuhi ketentuan yang tertuang dalam pakta integritas. Adapun salah satu isi pakta integritas yakni tidak membocorkan isi pertanyaan debat kepada masing-masing paslon.

"Beberapa poin yang disebut dalam pakta integritas kami harap dapat dipatuhi oleh panelis dan moderator. Terutama yang sering dipertanyakan banyak orang, apakah memberikan atau membocorkan kisi-kisi," kata Arief di Hotel Saripan Pasific, Jakarta, Rabu (27/3).

Sementara itu, koordinator panelis, Valina Singka Subekti mengatakan, seluruh panelis berkomitmen membuat pertanyaan dengan sangat serius.

"Kami kerja sungguh-sungguh mempersiapkan materi sejak kemarin siang mendengarkan masukan dari para sumber, dan memulai identifikasi permasalahan dari tema debat," katanya.

Pada kesempatan itu, turut hadir moderator debat Retno Pinasti dan Zulfikar Naghi. Adapun tema debat keempat ini adalah ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan serta hubungan internasional.

Reporter: Delvira Hutabarat [dan]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini