Jadi Wapres, Ini Pekerjaan yang Diteruskan Ma'ruf Amin

Minggu, 20 Oktober 2019 22:08 Reporter : Dwi Aditya Putra
Jadi Wapres, Ini Pekerjaan yang Diteruskan Ma'ruf Amin Perwakilan Pendeta Papua Bertemu Maruf Amin. ©2019 Merdeka.com/Iqbal Nugroho

Merdeka.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menyebut ada beberapa pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan di lima tahun pemerintahannya akan mendatang. Sebagai orang nomor dua di Indonesia, dia mengaku telah menerima beberapa pesan hingga peninggalan Jusuf Kalla yang harus dikerjakan.

"Ada beberapa, misalnya penanggulangan kemiskinan, reformasi birokrasi, kesehatan, stunting, dan lain-lain," kata Ma'ruf saat ditemui di Istana Wakil Kepresidenan, Jakarta, Minggu (20/10).

Seperti diketahui, Joko Widodo atau Jokowi bersama Ma'ruf Amin telah resmi menjabat Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024. Secara otomatis Kursi Wakil Presiden yang sebelumnya dijabat oleh Jusuf Kalla diteruskan oleh Ma'ruf Amin.

Keduanya, mengucapkan sumpah jabatan sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia di Gedung DPR/MPR. Di bawah Alquran dan di hadapan tamu undangan serta ribuan pasang mata rakyat Indonesia, Jokowi dan Ma'ruf Amin mengucap sumpah jabatan.

Jokowi lebih dulu memulai pengambilan sumpah. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segenap Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya nya serta berbakti pada nusa dan bangsa," ujar Jokowi.

Dilanjutkan pengambilan sumpah Ma'ruf Amin sebagai Wakil Presiden. "Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Wakil Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segenap Undang-Undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya nya serta berbakti pada nusa dan bangsa," kata Ma'ruf Amin.

Setelah keduanya mengucapkan sumpah jabatan, mereka menandatangani berita acara pelantikan. Disusul penandatanganan yang dilakukan pimpinan MPR.

"Alhamdulillah kita telah menyaksikan sumpah jabatan presiden dan wakil presiden. Dengan begitu mulai saat ini, Ir Joko Widodo dan Ma'ruf Amin menjadi Presiden dan Wakil Presiden untuk masa jabatan 2019-2024," ujar Ketua MPR Bambang Soesatyo. [did]

Topik berita Terkait:
  1. Wapres Maruf Amin
  2. Jakarta
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini