Isu reshuffle, PDIP siapkan kader gantikan Menhan dan Menpan RB

Selasa, 7 Juli 2015 20:52 Reporter : Rizky Andwika
Isu reshuffle, PDIP siapkan kader gantikan Menhan dan Menpan RB PDIP. Merdeka.com

Merdeka.com - Beredar pesan singkat PDIP menyiapkan sejumlah nama kadernya untuk disodorkan kepada Presiden Joko Widodo ( Jokowi) bila reshuffle kabinet bakal dilakukan dalam waktu dekat ini. Saat dikonfirmasi, Direktur Eksternal Urusan Antar Lembaga dan Kementerian Kepresidenan PDIP, Beathor Suryadi mengakui hal ini.

Dia mengatakan partainya akan menyodorkan sejumlah nama kader-kader profesional yang paham Tri Sakti Bung Karno untuk mengisi posisi menteri pasca lebaran nanti. "PDIP terlibat dan partai pengusung Jokowi-JK dalam Pilpres, jadi wajar kami menyodorkan sejumlah nama," kata dia saat dihubungi, Jakarta, Selasa (7/7).

Bethor menambahkan, penyodoran nama-nama ini sekaligus sebagai pengingat bagi presiden bahwa nama-nama yang disodorkan kepada Jokowi adalah orang yang berjasa saat pilpres. "Ini mengingatkan Jokowi, bahwa orang-orang ini berkeringat waktu pilpres juga mereka sudah tahu geopolitik, politik anggaran dan pernah bikin kebijakan karena pernah di DPR, dan ini pula yang kami sebut sebagai kader kelas I," jelasnya.

Menurutnya, PDIP telah menyiapkan kader-kader kelas 1 untuk dipilih Presiden sebagai menteri. Diakuinya, nama-nama tersebut akan disampaikan langsung ke Presiden melalui tim yang diutus DPP.

"Dari sekian nama yang diusulkan oleh kami diantaranya, Mayjen TNI (purn) DR Tubagus Hasanuddin sebagai Menteri pertahanan, lalu Eva Kusumah Sundari sebagai Menpan RB, dan lain-lain," imbuhnya.

Selain itu, nama Pramono Anung juga mencuat dan digadang-gadang sebagai calon Sekretaris Kabinet untuk menggantikan Andi Widjajanto. Dipertegas Beathor, langkah menyodorkan nama ini juga sejalan dengan pemikiran kader-kader, senior PDIP Sidarto Danusubroto yang sekarang menjabat Wantimpres.

Bahwa sebelumnya Sidarto juga menjelaskan Wantimpres menyarankan kepada presiden untuk memilih orang-orang yang tepat tidak hanya profesional di bidangnya tapi juga mampu mengaplikasikan Tri Sakti Bung Karno dan membumikan Nawacita dalam program-program kementerian-kementerian masing-masing. [eko]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini