Irit Bicara di Debat Pertama, Ma'ruf Amin Mengaku Siapkan Diri Ronde Ketiga

Jumat, 18 Januari 2019 12:14 Reporter : Merdeka
Irit Bicara di Debat Pertama, Ma'ruf Amin Mengaku Siapkan Diri Ronde Ketiga Vertikal Debat pasangan Capres. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Cawapres 01, Ma'ruf Amin, minim bicara di debat perdana Pilpres 2019. Ma'ruf mengakui memang diri tidak mendominasi pada debat Kamis malam kemarin karena mempersiapkan debat 17 Maret mendatang.

Adapun tema debat pada 17 Maret mengangkat isu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Untuk isu-isu tersebut dirinya sedang mengumpulkan sejumlah data untuk dielaborasi saat debat.

"Sekarang ini tahapnya tentu mengumpulkan bahan," kata Ma'ruf di kediamannya, Jakarta Pusat, Jumat (18/1).

Pematangan isu pada debat ketiga wajib dilakukan karena Ma'ruf menganggap hal itu akan menjadi peluru pasangan lawan. Dia memprediksi segala kebijakan dari isu-isu akan disorot capres-cawapres 02.

"Itu kan juga tentu yang akan diserang juga kebijakan yang sudah berjalan," katanya.

Diketahui dua kandidat capres-cawapres menjalani lima kali debat. Debat pertama diselenggarakan pada 17 Januari dengan mengangkat tema korupsi, HAM, terorisme, dan penegakan hukum.

Debat kedua membahas isu energi dan pangan, sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta infrastruktur yang akan diselenggarakan pada 17 Februari. Pada debat kedua hanya menampilkan kandidat capres.

Debat ketiga pada 17 Maret akan mengangkat tema pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial dan budaya. Di sini hanya menampilkan kandidat cawapres.

Debat keempat pada 30 Maret akan membahas tentang ideologi, pemerintahan, pertahanan dan keamanan, serta hubungan internasional. Pada debat ini, menampilkan capres-cawapres.

Terakhir, debat akan mengangkat tema ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, perdagangan, serta industri. [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini